Serahkan PP KEK Batam Aero Technic dan Nongsa Digital Park



KENDARIPOS.CO.ID — Presiden Joko Widodo telah menandatangani dua Peraturan Pemerintah (PP) yang menetapkan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK)Batam Aero Technic dan KEK Nongsa Digital Park di Pulau Batam Provinsi Kepulauan Riau. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyerahkan PP KEK Batam Aero Technic dan KEK Nongsa Digital Park di Pulau Batam, Sabtu (12/6).

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto

Menko Airlangga menjelaskan KEK Nongsa Digital Park seluas 166.45 hektare memiliki target investasi sebesar 16 triliun rupiah dan penciptaan lapangan pekerjaan untuk 16.500 tenaga kerja. “KEK ini akan dikembangkan untuk kegiatan berbasis IT-digital dan pariwisata,” ujar Menko Airlangga yang juga Ketua Komisi Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN).

Pengembangan KEK Nongsa Digital Park juga bersifat Brown Field Project. Pemerintah terus mendorong realisasi investasi, terutama untuk Data Center, sebagai upaya meningkatkan dan mengembangkan ekonomi digital. Pengembangan ini diyakini akan dapat membantu percepatan pemulihan ekonomi nasional akibat pandemi Covid-19.

“Digital merupakan satu-satunya kegiatan yang bisa mengakselerasi perekonomian. Bisa meloncat, bukan hanya linier dan saya berharap KEK ini dapat menjadi showcase (etalase) utama perekonomian Indonesia dan membuat negara kita setara dengan negara maju,” ungkap Menko Airlangga.

Sementara itu, KEK Batam Aero Technic (BAT) seluas 30 hektare memiliki target investasi sebesar 7,2 triliun rupiah dan penciptaan lapangan pekerjaan untuk 9.976 tenaga kerja. KEK ini akan dikembangkan untuk kegiatan industri berbasis MRO (Maintenance, Repair, Overhaul) pesawat penumpang.Selanjutnya akan dikembangkan beberapa hanggar maintenance baru, component shop, serta workshop untuk tools dan equipment.

“Penetapan kedua KEK ini sangat strategis dalam mendukung pengembangan kawasan Free Trade Zone dan telah menarik investor baik asing maupun dalam negeri. Rencana Aksi untuk kedua KEK ini telah disusun. Saya meminta komitmen semua instansi terkait untuk melaksanakannya dengan baik,” tegas Menteri Airlangga.(ltg/fsr)

Tinggalkan Balasan