Pilrek UHO Diusul 16 Juni, Senat Serahkan Tiga Calrek ke Kemendikbudristek

HEADLINE NEWS
Prof. Dr. Takdir Saili

KENDARINEWS.COM–Tahapan pemilihan rektor Universitas Halu Oleo (UHO) periode 2021-2025, terus bergulir. Pasca penetapan tiga nama Calon Rektor (Calrek), yakni Prof. Dr. Muh. Zamrun, M.Si., M.Sc., Prof. Buyung Sarita, M.Sc., PhD., dan Dr. Eng. Jamhir Safani, M.Si., Senat UHO yang dipimpin Prof. Dr. Takdir Saili, menetapkan jadwal Pilrek yang diusul ke Kemendikbudristek adalah 16 Juni mendatang.

Saat dihubungi via relepon selulernya, Prof. Takdir mengungkap bahwa dirinya bersama sejumlah anggota senat bersiap menuju ke Kantor Kemendikbudristek, Kamis (20/05/2021).

“Selain menyampaikan tiga nama Calrek yang masuk tiga besar secara tertulis, kami juga meminta kesediaan Mendikbudristek untuk menghadiri Pilrek. Tanggal yang diusul 16 Juni mendatang, soal kepastian waktu nanti dikonfirmasi pihak kementerian, apakah disetujui, diundur atau dimajukan, sepenuhnya kewenangan kementerian,” terangnya.

Dijelaskan bahwa sesuai prosedur, surat penyampaian Senat UHO ditujukan pada menteri dengan tembusan Irjen, Sekjen, dan Dirjen. Pastinya, Mendikbudristek lah yang memastikan waktu Pilrek. Termasuk siapa yang ditunjuk mewakili untuk hadir secara langsung menyalurkan 35 persen suara menteri saat hari H pilrek. Selain itu ada 113 anggota senat UHO yang akan menyalurkan hak pilihnya.

“Ini termasuk dua anggota senat sebelumnya, yang tidak hadir saat penentuan tiga besar Calrek kemarin. Keduanya tetap berhak memilih saat Pilrek. Senat sepenuhnya melaksanakan mekanisme Pilrek, tanpa intervensi pihak luar.

“Harapan kita, Pilrek berlangsung jujur, aman dan damai. Siapapun yang terpilih adalah yang terbaik untuk kemajuan UHO,” tandas Mantan Dekan Peternakan UHO ini. (ags)

Tinggalkan Balasan