Jelang Larangan Mudik, Penumpang Membludak di Pelabuhan

HEADLINE NEWS

KENDARINEWS.COM — Pemerintah telah resmi mengeluarkan larangan mudik antar provinsi. Pembatasan pelayaran pada sejumlah pelabuhan dengan tidak melayani angkutan penumpang antar provinsi mulai diberlakukan sejak tanggal 6-17 Mei mendatang. Pembatasan pelayaran tersebut membuat lonjakan penumpang terjadi di Pelabuhan Fery Kolaka. Ratusan kendaraan terlihat antre di pelabuhan tersebut pada Selasa (4/5). Tiga kapal yang hendak menuju ke Pelabuhan Bajoe, Sulawesi Selatan, dipadati penumpang.

Kepala Angkutan Sungai, Danau dan Penyebarangan (ASDP) Kolaka, La Kadaha, mengakui, jelang pembatasan pelayaran memang terjadi lonjakan penumpang. Hanya saja, kata dia lonjakan tersebut belum signifikan dibanding dengan hari-hari biasa atau sebelum mudik lebaran. “Memang terjadi lonjakan penumpang. Tapi hari ini lonjakannya hanya 5 persen saja dibanding hari-hari biasa,” ujarnya, kemarin.

Terkait pembatasan pelayaran yang dimulai 6 Mei besok, kata La Kadaha hal itu juga berlaku di Pelabuhan Fery Kolaka. Pada waktu tersebut sudah tidak ada lagi penjualan tiket penumpang. “Tanggal 6 itu tidak ada penjualan tiket karena memang tidak ada pelayanan pelayaran bagi penumpang ataupun kendaraan pribadi. Yang dibolehkan itu hanya truk pengangkut barang atau logistik,” pungkasnya. (b/fad)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *