Perkokoh Kebhinekaan, Polda Sultra Gandeng Pemuka Agama

Ramadhan

KENDARINEWS.COM — Dinamika sosial yang terjadi di tanah air saat ini mengundang keprihatinan banyak masyarakat. Seluruh pihak sepakat untuk tidak mudah terprovokasi terhadap isu-isu yang hanya menyesatkan, apalagi mengandung SARA. Atas dasar itulah, Polda Sultra mengajak seluruh masyarakat bahu membahu merajut kebhinekaan dan menjaga situasi kamtibmas tetap kondusif. Kapolda Sultra, Irjen Pol Drs Yan Sultra Indrajaya melalui Direktur Ditintelkam, Kombes Pol Suswanto, menekankan urgensi tokoh dalam mempererat kebhinekaan untuk Kehidupan yang rukun dan aman di Sultra. Para tokoh khususnya agama, berperan penting untuk menjadi teladan, memberikan pencerahan dan pemahaman terhadap ajaran agamanya. Sehingga tidak salah dalam menginterpretasikan dalil-dalil dalam kitab suci.

“Selain itu, peran tokoh agama dan tokoh masyarakat saat ini sangat penting dan membantu pemerintah serta TNI juga Polri menciptakan situasi Kamtibmas yg aman, damai dan kondusif di Sultra,” kata Suswanto di kegiatan sosialisasi regulasi dan modernasi beragama Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) di aula Kanwil Kemenag Sultra. Dia menjelaskan, Indonesia terdiri dari berbagai suku bangsa, agama dan budaya. Sehingga perlu dikelola dengan baik secara bersama-sama mencegah, menangkal segala ancaman yang dapat menimbulkan konflik sosial, aksi intoleransi, radikal dan terorisme. Maka perlu sinergi tokoh-tokoh dengan aparat dan stakeholder lainnya untuk mensosialisasikan moderasi beragama. Guna menumbuhkan masyarakat yang toleran dalam kehidupan beragama.

“Internal umat beragama maupun antar umat beragama, karena moderasi (penghindaran keekstreman) beragama adalah proses memahami sekaligus mengamalkan ajaran agama secara adil dan seimbang, agar terhindar dari perilaku yang menyimpang yang tidak di ajarkan di dalam agama manapun. Seperti, menghakimi seseorang tanpa menanyakan terlebih dahulu apa permasalahannya, merampas yang bukan miliknya, dan sebagainya,” jelasnya.

Dalam kegiatan tersebut turut dihadiri Ketua Dewan Penasehat FKUB Sultra, Dr. H. Lukman Abunawas, Kabinda Sultra, Brigjen TNI Raden Toto Oktaviana, Ketua FKUB Sultra, Drs. H. A. Rustam Tamburaka, Kabid Ketahanan Kesbangpol Sultra, Hamdani Piabang serta perwakilan berbagai Agama serta organisasi keagamaan dan undangan lainnya. (ndi)

Tinggalkan Balasan