MAN 1 Kendari Siapkan 360 Kuota Siswa Baru

Edukasi
Siswa MAN 1 Kendari, saat mengikuti upacara pembukaan pelaksanaan Ujian Akhir Madrasah (UAM) beberapa waktu lalu.

KENDARINEWS.COM — Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMA sederajat tahun ajaran 2021/2022 segera dibuka. MAN 1 Kendari mulai membuka pendaftaran tanggal 19 hingga 30 April.

Kepala MAN 1 Kendari, La Tangkalalo, mengungkapkan bahwa penerimaan siswa baru mengikuti prosedur yang telah ditetapkan. Dimana jadwal PPDB mengikuti kebijakan Kanwil Kemenag Sultra.

“Sesuai dengan juknis yang ada, kami akan membuka pendaftaran siswa baru padw pertengahan bulan 4 April ini. Hal tersebut mengacuh pada kalender pendidikan tingkat madrasah sehingga bagi masyarakat yang ingin mendaftarkan diri di MAN 1 Kendari, supaya segera mempersiapkan segala kebutuhan terutama persyaratan administrasi,” ungkap La Tangkalalo, kemarin.

Memgenai persyaratan administrasi, lanjutnya, ada beberapa yang wajib dipenuhi para pendaftar, seperti foto copy ijazah atau Surat Keterangan Hasil Ujian (SKHL) dan melampirkan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN).

“Termasuk berkas pendukung seperti foto hitam putih 3×2 cm 3 lembara, foto copy kartu keluarga, foto copy akte kelahiran. Dan syarat bagi pendaftar yang ingin mendaftarkan diri di jurusan IPA, mereka harus memiliki nilai rapor dari semester 1-5 Mapel IPA dan Matematika itu minimal nilainya rata-rata 80. Jika dibawah dari itu otomatis mereka akan kesulitan untuk bisa lulus,” paparnya.

Adapun mekanisme pendaftarannya akan dilakukan dengan dua tahap, yaitu online dan offline. Secara online bisa langsung mengecek website¬†http://ppdb.mansatukendari.sch.id. Selanjutnya, mengumpulkan berkas administrasi di sekolah. Dan untuk yang offline itu bisa langsung ke sekolah menyetorkan berkas pendadtaran tanpa harus melakukan pendaftaran online terlebih dahulu,” tambahnya.

“Tahun ini kami menyediakan 10 kelas dengan jumlah setiap kelasnya akan diisi sebanyak 36 sisiwa, sehingga kuota yang kita buka untuk tahun ajaran 2021/2022 itu sebanyak 360 siswa. Pastinya itu jumlah yang cukup banyak, jadi bagi para pendaftar memiliki kesempatan yang sangat besar, terutama bagi siswa yang berprestasi baik itu akademik dan nonakademik, itu akan kami perioritaskan,” pungkasnya.

Sebagai infotmasi, MAN 1 Kendari memiliki empat jurusan dengan daya tampung yang berbeda, seperti IPA itu akan membuka lima kelas, IPS dua kelas, Keagamaan dua kelas, dan Bahasa satu kelas. Dengan jadwal tes akan dilaksanakan pada tanggal 3-8 Mei, dan pengumumannya akan dilakukan di tanggal 24 Mei, sedangkan pendaftaran ulangannya itu dilakukan 24-29 Mei 2021 mendatang. (Ilw/c))

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *