Upah Penyapu Jalan Tetap Rp 55 Ribu Per Hari

Kolaka

KENDARINEWS .COM — Penyapu jalan yang bertugas untuk membersihkan jalan utama di ibu kota Kabupaten Kolaka yang meliputi Kecamatan Kolaka dan Latambaga sepertinya harus bersabar. Pasalnya, upah harian para Pahlawan Adipura itu dipastikan tak akan bertambah pada tahun 2021 ini. Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kolaka, Abdi Arif, memastikan, upah penyapu jalan tahun 2021 ini masih tetap Rp 55 ribu per hari. Kata dia, upah tersebut berlaku sejak tahun 2019 lalu.

“Memang kami tidak usulkan kemarin. Yang kami usulkan itu kenaikan upah sopir dan kernet mobil pengangkut sampah tapi tidak juga disetujui,” ujarnya. Mantan Camat Wolo tersebut menjelaskan, pihaknya tidak mengusulkan kenaikan upah para penyapu jalan tersebut karena honor yang ada saat ini dianggap masih lebih baik dibanding dengan gaji para sopir dan kernet mobil pengangkut sampah. Meskipun upahnya tidak dinaikkan tahun ini, Abdi Arif berharap para penyapu jalan tersebut tetap semangat melaksanakan tugas.

Ia berjanji, kedepan akan mengusulkan upah pasukan orange tersebut. “Kedepan semuanya termasuk penyapu jalan akan kami usulkan agar upahnya dinaikkan,” katanya. Abdi Arif menuturkan, jumlah penyapu jalan yang ada saat ini berjumlah 65 orang. Semuanya merupakan tenaga kerja lepas yang rutin menyapu jalan pada pagi dan sore hari. “Mereka bekerja selama enam hari dalam sepekan, Senin hingga Sabtu. Setiap hari mereka diperiksa kehadirannya. Alhamdulillah semuanya saat ini masih rajin,” tuturnya. (c/fad)

Tinggalkan Balasan