PN-PA Teken MoU SKB

KENDARINEWS.COM — Jajaran Pengadilan Negeri (PN) Andoolo dan Pengadilan Agama (PA) Andoolo di Konawe Selatan (Konsel) melakukan memorandum of understanding (MoU) terkait penetapan panjar biaya perkara dan perjalanan juru sita dalam wilayah hukum tersebut. Kerja sama tersebut berlangsung di ruang Media Center PA Andoolo yang ditandai dengan penandatanganan surat keputusan bersama (SKB) antara dua pucuk pimpinan lembaga tersebut.

Ketua PA Andoolo Kabupaten Konsel, Ahmad Imron, MH, mengungkapkan, MoU tersebut menjadi starting poin antara kedua lembaga peradilan itu dalam rangka memberikan pelayanan terbaik.

Di sisi lain, pelaksanaan MoU tersebut juga sebagai implementasi PA dan PN dalam membawa misi Mahkamah Agung (MA) dalam transparansi pelayanan publik.

“Sehingga kita bermaksud menyepakati biaya perkara untuk para pihak berperkara di Konsel,” ungkapnya.

Kerja sama tersebut juga bertujuan memberikan keseragaman pelayanan di masyarakat terkait panjar biaya perkara perdata.

“Karena sebelumnya selalu ada ketidakseragaman dan menjadi kebingungan dalam biaya perkara. Sehingga melalui MoU ini bisa terbangun dengan baik kepercayaan publik,” imbuhnya.

Ahmad mengaku, tahun ini MA juga mencanangkan penetapan wilayah zona integritas dalam mewujudkan wilayah bebas korupsi (WBK).

“Jadi kalau ada biaya berbeda dan tidak sesuai yang tercantum dalam SK MoU, maka dipastikan itu bermasalah. Karena penentuan biaya itu juga dilihat dari radius panggilan tempat tinggal bagi yang sedang berperkara,” paparnya.

Di tempat yang sama, Ketua PN Andoolo, Wahyu Setioadi, SH, menambahkan MoU tersebut sebagai tindak lanjut peraturan MA nomor 3 tahun 2012 tentang biaya proses penyelesaian perkara. Termasuk surat edaran (SE) MA RI nomor 4 tahun 1998 tentang biaya administrasi negara.

“Serta SKB antara PA dan PN Andoolo terkait berubahnya situasi dan bea materai yang sudah tidak relevan dengan kondisi saat ini,” tambahnya.

Wahyu berharap, MoU keseragaman panjar biaya perkara itu dapat terjalin sinergitas antara PN dan PA Andoolo. (b/kam)

Tinggalkan Balasan