Peringatan Dini BMKG Sultra, Waspada Angin Kencang dan Gelombang Tinggi !

HEADLINE NEWS

KENDARINEWS.COM — Kondisi perairan Sultra dalam beberapa hari ini kurang bersahabat. Gelombang tinggi disertai angin kencang sewaktu-waktu kerap terjadi. Fenomena alam ini diperkirakan akan berlangsung selama dua hari kedepan. Untuk itulah, armada pelayaran diminta lebih waspada. Pelaksanaan Harian (Plh) Kasie Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Maritim Kendari, Faizal Habibie mengatakan pola angin umumnya dari barat daya sampai barat laut dengan kecepatan 2 sampai 20 knot. Kecepatan angin tertinggi di wilayah Sultra terpantau di wilayah perairan Baubau dan perairan Wakatobi.

“Kami telah memberikan peringatan dini gelombang tinggi di perairan Sultra. Khususnya di perairan Baubau dan Wakatobi,” kata Faizal Habibie. Peringatan ini kata dia, berlaku mulai 15 hingga 18 Februari 2021. Di sejumlah perairan, potensi tinggi gelombang bisa mencapai 1,25 meter sampai 2,5 meter. “Gelombang tinggi ini yakni di laut banda timur Sultra bagian selatan, selanjutnya di perairan Baubau bagian Utara dan Selatan. Selain itu, perairan Utara Wakatobi bagian Barat dan Timur serta perairan Selatan Wakatobi,” jelasnya.

Ia mengingatkan armada pelayaran hati-hati termasuk aktivitas neyalan. “Masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada. Sebab saat ini cuaca memang sedang tidak bersahabat. Selalu pantau kondisi cuaca di BMKG sebelum melakukan aktivitas,” ujarnya. (c/rah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *