Ambulans Laut di Buteng Beroperasi Tahun Depan


KENDARINEWS.COM — Dalam waktu dekat, masyarakat Buton Tengah (Buteng) khususnya di Kecamatan Talaga Raya, akan mendapatkan pelayanan maksimal dalam bidang kesehatan. Tahun 2021 nanti Pemerintah kabupaten (Pemkab) Buteng mengadakan unit ambulans laut.
Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Buteng, Bobi Ertanto, mengakui, program pengadaan sarana pelayanan kesehatan itu memang sempat tertunda. Namun ia memastikan, tahun 2021 nanti, ambulans laut bisa beroperasi.

Ambulans Laut ilustrasi

“Pengadaan Ambulans laut memang direncanakan tahun ini. Hanya karena persoalan Covid-19 dan anggarannya difokuskan untuk penanganan serta pencegahan, jadi kita tunda. Insyaallah kalau tidak ada halangan, tahun 2021 bisa kita adakan,” ujarnya, Rabu (30/12). Bobi menjelaskan, kehadiran ambulans laut memang sangat penting untuk masyarakat Talaga Raya. Sebelumnya, jika hendak dirujuk ke Rumah Sakit (RS), mereka harus menunggu 3 sampai 4 jam untuk sampai di daratan Buteng maupun Baubau.

“Karena Kecamatan Talaga Raya berada di pulau. Kehadiran ambulans laut sangat dibutuhkan bagi mereka agar masyarakat lebih mudah ketika hendak dirujuk ke Rumah Sakit dan keselamatan mereka lebih terjaga,” jelasnya. Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Buteng, Kasman, menambahkan, untuk anggaran pengadaan ambulans laut berkisar Rp 1,5 miliar yang bersumber dari APBD.

“Alhamdulillah, saat ini perencanaan sudah selesai dikerjakan dan tahap selanjutnya akan dikerjakan pada tahun 2021 dan semoga tidak ada halangan,” tambah Kasman. (c/rud)

Tinggalkan Balasan