Penetapan Pemenang Pilkada Butur Belum Dijadwalkan

KENDARINEWS.COM — Pilkada Buton Utara (Butur) tanpa gugatan. Pasangan Calon (Paslon) peraih suara terbanyak telah diketahui. Duet Ridwan Zakaria-Ahali meraih suara terbanyak dengan total 15.887 suara. Disusul petahana Abu Hasan-Suhuzu 13.607 suara dan Aswadi Adam-Fahrul hanya 12.033 suara.

Hasrudin

Meski begitu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat belum menetapkan pemenang Pilkada dengan alasan masih menunggu petunjuk resmi KPU RI. “Kita belum menjadwalkan pleno penetapan Paslon pemenang Pilkada, sekalipun tak ada gugatan dari paslon yang dilayangkan ke Mahkamah Konstitusi (MK). Karena kami butuh petunjuk KPU pusat untuk melakukan pengumuman pemenang,” kata Hasrudin, Ketua KPU Butur saat dihubungi, kemarin.

Yang jelas, kata dia, pihaknya akan menetapkan pemenang pilkada paling lambat lima hari setelah menerima petujuk KPU RI. “Saat ini, kita tidak melakukan persiapan berarti, sifatnya hanya menanti surat KPU pusat,” katanya. Pleno penetapan pemenang pilkada akan dilaksanakan di Sekretariat KPU Butur. Tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat untuk mencegah adanya klaster Pilkada.

“Apalagi yang diundang hanya paslon dan paspol pengusung saat pleno pemenang pilkada. Kita mengimbau paslon tidak membawa massa dalam jumlah besar saat penetapan pemenang pilkada,” ungkapnya. (rah)

Tinggalkan Balasan