Ribuan Miras Beragam Jenis Dimusnahkan

KENDARINEWS.COM — Polda Sultra memusnahkan ribuan minuman keras (miras) beragam jenis. Miras yang dimusnahkan merupakan hasil sitaan Operasi Pekat Anoa dan giat kepolisian sepanjang Januari hingga Desember 2020. Pemusnahan berbagai macam jenis miras mulai dari pabrikan sampai tradisional dilakukan di lapangan Mapolda Sultra, Senin (21/12).

Kabid Humas Polda Sultra, Kombes Pol Ferry Walintukan mengatakan miras yang dimusnahkan terdiri dari 1.364 botol minuman keras pabrikan dan 2.063 liter minuman keras tradisional.

Gubernur Sultra, Ali Mazi ikut menyaksikan penghancuran barang bukti minuman keras, di lapangan Mapolda Sultra, Senin (21/12). Miras yang dimusnahkan merupakan hasil sitaan Operasi Pekat Anoa dan giat kepolisian sepanjang Januari hingga Desember 2020.

Ribuan minuman keras ini merupakan hasil operasi yang dilaksanakan oleh Polda Sultra melalui Dit Res Krimum, Dit Res Narkoba, Dit Sabhara, Polres Kendari, Polres Konawe, Polres Konawe utara, Polres Buton Utara, Polres Konawe Selatan, Polres Bombana, Polres Kolaka, Polres Kolaka Utara, Polres Muna, Polres Bau bau, Polres Buton dan Polres Wakatobi.

“Penyitaan dari operasi yang diperoleh dari beberapa tempat yang ada di Sultra. Semua yang disita adalah minuman keras yang diperoleh dari oknum penjual yang memasarkan miras secara ilegal. Maksudnya mereka tidak mengantongi izin jual dan izin produksi. Pemilik warung yang menyimpan miras dan ketauan tidak ada izinnya maka langsung kami sita,” tegasnya kemarin.

Operasi yang dilakukan jajaran Polda Sultra sambungnya, dalam rangka menjaga ketertiban umum dan masyarakat di wilayah hukumnya. Mengingat minuman keras menjadi salah satu faktor penyebab terjadinya sejumlah kejahatan. Seperti premanisme, begal, jambret, copet, pemalakkan, perampasan, dan kejahatan lain yang meresahkan masyarakat.

“Upaya ini juga dilakukan pada perayaan Natal dan Tahun Baru 2021. Polda Sultra serta jajaran Polres bertanggung jawab memastikan masyarakat Sultra merasa aman dan nyaman. Seluruh masyarakat perlu mengingat, sanksi yang diberikan kepada pedagang atau pemilik warung yang kedapatan menjual miras ilegal akan ditindak sesuai peraturan daerah (Perda) yang berlaku. Jangan nekat melawan hukum,” pungkasnya. (b/ndi)

Pemusnahan Miras
-1.364 Botol Miras Pabrikan
-2.063 Liter Miras Tradisional
-Hasil sitaan Operasi Pekat Anoa
-Giat Jajaran Polda Sepanjang Januari-Desember 2020

Tinggalkan Balasan