Pasien Positif Covid-19 di Kendari Menurun, 3 Ribu Karyawan Jalani Swab Massal

KENDARINEWS.COM — Skrining massal pekerja swasta di Kota Kendari terus berlangsung. Hingga kemarin, jumlah pekerja swasta yang melakukan swab antigen mencapai 3 ribu orang atau 50 persen dari target. Uji sampel lendir pekerja swasta ini bagian dari upaya Pemkot Kendari mencegah timbulnya klaster-klaster perkantoran. Pasalnya, selama ini klaster perkantoran menjadi penyumbang terbesar pasien covid-19 di Kota Kendari.

Wali Kota Kendari H Sulkarnain Kadir menyebutkan presentase pelaksanaan skrining massal dengan cara di swab antigen kepada karyawan swasta di Kota Kendari sudah mencapai 50 persen. “Terhitung hari ini (kemarin), skrining massal kita sudah berlangsung selam 5 hari. Alhamdulillah, presentase 50 persen. Mudah-mudahan, 6 ribu karyawam bisa kita swab sebelum bulan Januari 2021,” ujar Sulkarnain kemarin.
Saat ini, pihaknya terus melakukan komunikasi dengan para manager perusahaan untuk dilakukanya skrining massal. Meskipun demikian, sebagian perusahaan ada yang inggin melakukan secara mandiri kepada karyawanya. “Itu tidak masalah, baik kami pemerintah atau perusahaan yang penting tujuan kita sama, yakni memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” ujar Sulkarnain.

Sejauh ini sambung pasangan Hj Siska Karina Imran ini, skrining massal yang dilakukan Pemkot mampu menurunkan angka pasien positif Covid-19 di Kota Kendari. Buktinya, jumlah pasien yang terkonfirmasi positif terus menurun. Begitu pun dengan pasien yang menjalani perawatan. “Alhamdulillah, sekarang sudah semakin jauh berkurang. Sudah tinggal 277. Mudah-mudahan ini terus terkendali, tentu ini masih belum bisa nol karena aktifitas dan mobilitas masyarakat juga masih cukup tinggi, tapi alhamdulilllah dengan pendekatan ini bisa kita kendalikan dengan baik,” jelasnya.

Di saat yang bersamaan, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Kendari H Subhan mengingatkan warga tidak terlena dengan penurunan angka positif corona. Untuk mencegah agar tidak terpapar, ia meminta masyarakat selalu menerapkan protokol kesehatan (Prokes) setiap kali beraktifitas di luar rumah. “Kita sambut baik dengan pencapaian saat ini, kalau memang sudah berkurang. Tapi saya terus menghimbau masyarakat unuk tetap disiplin mengunakan masker, mencuci tanggan, dan menjaga jarak dalam berkaktifitas,” tutup Subhan. (b/ags)

Skrining Massal Pekerja Swasta
-Target Swab 6 Ribu Karyawan
-Progres 3 Ribuan Karyawan
-Ditargetkan Rampung Desember 2020

Klaster Penyumbang Pasien Covid-19
-Perkantoran 35 Persen
-Karyawan 33 Persen
-Perbankan 5 Persen

Tinggalkan Balasan