Proyek Lingkar Wali-Haka Wakatobi Diplot Rp 3 Miliar

Wakatobi

KENDARINEWS.COM — Sempat tertunda karena fokus pada penanganan Covid-19, pekerjaan proyek jalan lingkar Wali-Haka di Pulau Binongko, mulai dikerjakan. Melalui dana alokasi khusus (DAK) anggaran yang dikucurkan untuk kegiatan tersebut mencapai Rp 3 miliar dan ditarget tuntas tahun ini. Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Wakatobi, Kamarudin, menjelaskan, dana proyek pekerjaan jalan lingkar itu akhirnya dikembalikan. Sama halnya dengan DAK pekerjaan ruas jalan Desa Palahidu-Palahidu Barat yang sementara dikerjakan.

“Kita tahu bahwa anggaran ini sempat dipending dulu karena kebijakan Pemerintah Pusat untuk penanganan Covid-19. Sekarang sudah dikembalikan. Jadi DAK kita yang selamat itu dua yakni jalan lingkar Wali-Haka dan ruas Palahidu-Palahidu Barat,” ujarnya, kemarin. Kendati demikian, Kamarudin berharap pekerjaan kedua proyek ini bisa tuntas tepat waktu. Untuk proyek ruas jalan Palahidu-Palahidu Barat sudah dikerjakan beberapa bulan lalu. Sementara jalan lingkar baru mulai dibangun.

“Karena DAK, maka harus dituntaskan tahun ini juga. Kita bersyukur setidaknya masih ada dua pekerjaan jalan kita di Binongko melalui DAK yang diselamatkan,” tambahnya. Untuk kedua pekerjaan proyek ini lanjut Kamarudin, anggarannya kurang lebih Rp 8 miliar. Akibat covid-19 banyak anggaran proyek yang melalui DAK terpaksa tidak direalisasikan. (c/thy)

Tinggalkan Balasan