Digelar Virtual, Peringatan Maulid Berlangsung Semarak

Kolaka

KENDARINEWS.COM — Pandemi Covid-19 tidak lantas membuat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka meniadakan perayaaan Maulid Nabi Muhammad Sallallahu Alaihi Wasallam (SAW). Kamis (5/11), bersama dengan Perayaan Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Kolaka, Pemkab Kolaka melaksanakan perayaan maulid nabi di Aula Sasana Praja Kantor Bupati. Meskipun menerapkan protokol kesehatan, kegiatan religi itu tetap berlangsung semarak. Puluhan male yang telah dihiasi oleh sejumlah SKPD ditampilkan. Bagi ASN yang tidak sempat masuk ke ruangan tetap dapat menyaksikan perayaan maulid nabi secara virtual.

Wakil Bupati Kolaka, H. Muhammad Jayadin yang turut hadir langsung dalam kegiatan tersebut mengatakan, perayaan maulid merupakan bentuk rasa cinta umat Islam kepada Rasulullah. Ia berharap, dengan adanya kegiatan tersebut maka semua yang beragama Islam khususnya ASN yang mempunyai kewajiban dan tanggung jawab di pemerintahan agar bisa mengambil contoh yang baik dan suri teladan dari kehidupan Nabi Muhammad.

“Kita melaksanakan kegiatan seremoni ini setiap tahun. Akan tetapi yang paling utama kita ambil hikmahnya dan berusaha semaksimal mungkin untuk mengikuti pola kehidupan yang pernah dicontohkan oleh Baginda Rasullah,” pesannya. Dalam kesempatan tersebut, Jayadin juga menuturkan terima kasih kepada Imam Besar Mesjid Istiqlal Jakarta, Prof. KH. Nasaruddin Umar yang telah meluangkan waktunya untuk membawakan ceramah secara virtual. Ia juga mengatakan, perayaan maulid setiap tahunnya dilaksanakan oleh Pemkab Kolaka dengan suasana suka cita dan bahagia. Akan tetapi, perayaan kali ini pelaksanaannya berbeda karena masih dalam suasana pandemi Covid-19.

“Karena masih suasana pandemi Covid-19, maka perayaan maulid kita laksanakan sesuai dengan protokol kesehatan dan melalui virtual,” tuturnya. Sementara itu, Imam Besar Mesjid Istiqlal Jakarta, Prof. KH. Nasaruddin Umar dalam tauziahnya mengajak umat Islam untuk menjadikan momentum maulid nabi untuk meneladani budi pekerti Rasulullah SAW. Ia juga mengingatkan untuk memperbanyak salawat kepada nabi. “Barang siapa yang senantiasa bersalawat dan menyebut nama Nabi Muhammad, saat hari kiamat kelak akan dimintakan syafaat baginya langsung oleh Rasulullah SAW. Jadi perbanyaklah bersalawat,” serunya. Kegiatan tersebut juga dihadiri Sekretaris Kabupaten Kolaka Poitu Murtopo dan pimpinan forkopimda serta SKPD. (b/fad)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *