Benahi Jalur Warangga, Pemda Muna Anggarkan Rp 600 Juta

KENDARINEWS.COM — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna mengalokasikan anggaran untuk pembenahan jalan Warangga senilai Rp 600 juta. Dana tersebut diperuntukkan bagi dua item pekerjaan, yakni pemindahan tiang milik Perusahaan Listrik Negara (PLN) dari badan jalan dan pembangunan ruang terbuka.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Muna, Edy Uga, menerangkan, tiang listrik milik PLN yang berdiri saat ini di badan jalan sudah dipasang sebelum perintisan pelebaran jalan Warangga. Pemkab harus memindahkan tiang tersebut agar jalur baru di Warangga bisa dilalui pengendara. Jumlahnya kurang lebih 20 tiang. “Kami sudah komunikasikan dengan PLN. Sekarang masih proses pemindahan kabel-kabelnya dulu,” jelasnya, Minggu (1/11).

Edy menguraikan, jalan Warangga akan kembali diaspal pada tahun 2021 mendatang. Pemkab sudah mengusulkannya melalui Balai Jalan Nasional di Kendari. Seluruh anggaran dan pelaksana teknisnya akan dilakukan oleh pihak Balai. Status jalur baru yang melintasi kawasan hutan lindung Warangga tersebut pun sudah mendapat izin Kementerian terkait. “Tahun depan akan diaspal. Kami sudah usul ke pihak Balai,” terangnya.

Selain penataan jalur jalan, Pemkab juga akan membangun kawasan ruang terbuka dititik pertengahan jalan Warangga dengan panjang kurang lebih 3 kilometer itu. Ruang terbuka akan berfungsi sebagai tempat peristirahatan bagi pengendara yang melintas. “Rest area itu di pertengahan. Fungsinya untuk tempat peristirahatan atau tempat bersantai,” jelasnya. Jalan Warangga sendiri sangat penting bagi lalulintas menuju ke Kota Raha ataupun sebaliknya. Ruas itu menjadi akses utama masyarakat dari berbagai kecamatan di Muna maupun Muna Barat. Termasuk pula jalur menuju Bandara Sugimanuru. “Makanya itu dilebarkan supaya mengurangi potensi kecelakaan lalulintas,” pungkasnya. (b/ode)

Tinggalkan Balasan