Gegara ‘Like’ Caleg, 7 Guru Langgar Netralitas ASN

KENDARINEWS.COM– Tujuh orang guru diduga melanggar netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN). Atas pelanggaran tersebut Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Kabupaten Wakatobi telah mengantongi surat rekomendasi dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

Kepala BKPSDM Wakatobi, Hasan menjelaskan ada sekitar enam sampai tujuh orang yang merupakan guru diduga melanggar netralitas ASN. Ini berdasarkan surat rekomendasi dari KASN yang diterima pihaknya lewat Bupati Wakatobi pada tanggal 15 Januari lalu. 

“Dalam surat rekomendasi itu juga menjabarkan nama dan profesinya. Rata-rata guru. Dan pelanggarannya menyukai (like) postingan para calon legislatif (caleg),” ujar Hasan.

Dengan adanya rekomendasi ini, pihaknya tidak tinggal diam. Pemkab Wakatobi langsung membentuk tim yakni majelis kode etik yang diketuai oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Wakatobi beranggotakan kepala BKSDM, Asisten 1 (satu) dan asisten 3 (toga) Setda Wakatobi serta Inspektur Inspektorat.

“Kita proses administrasi lewat pembentukan tim majelis kode etik lalu tinggal cari waktu untuk panggil yang bersangkutan. Bahwa nantinya ada BAP untuk memastikan pelanggaran dan sanksi dijatuhkan masing-masing,” tambahnya.

Sekadar diketahui, dalam rekomendasi KASN, mereka memang melanggar netralitas dan ada permintaan sanksi moral. Berdasarkan laporan Bawaslu ke KASN sesuai Undang-Undang (UU) yang berlaku yakni PP no.42 tahun 2004 tentang jiwa korps dan kode etik. (thy)

Tinggalkan Balasan