Kasus DBD Terus Meningkat, Ini Catatan Dinkes

KENDARINEWS.COM–Dinas Kesehatan (Dinkes) mengungkapkan bahwa jumlah kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) wilayah Sultra terus mengalami kenaikan.

Di minggu pertama Januari (1-9 Januari)  di wilayah tersebut kini mencapai 106 kasus ya g tersebar di sembilan Kabupaten/Kota.

Menurut sumber dari Dinkes Sultra, peningkatan ini bakal menjadi perhatian serius bagi Dinkes Sultra.

Kepala Dinkes Sultra, Hj. Usnia mengungkapkan saat ini pihaknya  tengah giat melakukan upaya pencegahan dan penanggulangan DBD. Berbagai langkah preventif seperti fogging, dan sosialisasi kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan telah dilakukan secara intensif.

“Kepada masyarakat untuk lebih meningkatkan kebersihan lingkungan, seperti menguras bak mandi, mengubur barang bekas yang dapat menampung air, dan menggunakan kelambu saat tidur. Selain itu, penting bagi masyarakat untuk segera mencari pertolongan medis apabila mengalami gejala DBD, seperti demam tinggi, nyeri sendi, dan perdarahan,”ujarnya

Ia menyampaikan bahwa kondisi cuaca saat ini menjadi salah satu faktor penyebab meningkatnya kasus DBD. Curah hujan yang tinggi cenderung menciptakan lingkungan yang ideal bagi nyamuk Aedes aegypti, vektor penyakit DBD.

“Dimana saat ini kasus di Sultra sebanyal 106 kasus yang tersebar di Kota Kendari 57 kasus, Baubau 2 kasus, Kabupaten Bombana 7 kasus, Buton Utara 2 kasus, Kolaka 7 kasus, Kolaka Utara 1 kasus, Konawe Selatan 25 kasus, Muna 1 kasus dan Wakatobi 4 kasus,”jelasnya.

Dinkes Sultra tengah mengambil langkah-langkah cepat untuk menanggulangi penyebaran penyakit ini. Kampanye kesadaran masyarakat dan upaya pencegahan intensif diterapkan, dengan fokus pada kebersihan lingkungan. Masyarakat dihimbau untuk bekerja sama dalam menjaga kebersihan dan menghindari tempat-tempat yang berpotensi menjadi sarang nyamuk penyebab DBD.

“Peningkatan jumlah kasus DBD di Sultra menjadi peringatan bagi masyarakat dan pemerintah untuk bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan serta mengikuti langkah-langkah pencegahan yang telah disarankan oleh pihak kesehatan. Diharapkan dengan langkah-langkah yang tepat, penyebaran DBD dapat ditekan dan kesehatan masyarakat dapat dijaga dengan baik,”pungkasnya. (rah)

Kabupaten/kota    Kasus
Kendari                    57
Baubau                    2
Bombana.               7
Buton Utara            2
Kolaka.                    7
Kolaka Utara.         1
Konawe Selatan    25
Muna.                      1
Wakatobi.                4

Tinggalkan Balasan