Pj Bupati Harmin Ramba Menjejak Pulau Saponda

KENDARINEWS.COM — Harmin Ramba intens melakukan safari dan menjumpai masyarakat pasca dilantik sebagai Penjabat (Pj) Bupati Konawe. Seperti pekan kemarin tepatnya Rabu (6/12), dirinya kembali melakukan kunjungan kerja (kunker) di kecamatan Soropia untuk bertatap muka dengan masyarakat setempat. Dalam lawatannya di Soropia, Harmin Ramba menyempatkan waktu menjejak pulau terpencil di Konawe, yakni pulau Saponda. Harmin tak gentar menjejak Saponda, kendati perjalanan menuju pulau tersebut hanya dapat ditempuh lewat jalur laut. Itupun, harus menaiki katinting dari dermaga kampung Bajoe dengan waktu tempuh sekira satu jam.

Pj Bupati Harmin Ramba mengatakan, kedatangannya di pulau Saponda tak lain untuk melihat langsung kondisi riil terkait dengan kebutuhan dan pelayanan masyarakat di semua sektor. Mulai dari sektor infrastruktur, kesehatan, perikanan dan lain sebagainya.

“Jangan disangka saya tidak memikirkan masyarakat Saponda. Kunjungan ini merupakan bentuk perhatian dan kecintaan saya terhadap masyarakat yang bermukim di pulau Saponda,” ujar Harmin Ramba.

Harmin mengemukakan, di pulau Saponda terdapat dua desa. Yakni, desa Saponda Darat dan desa Saponda Laut. Mantan Camat Abuki itu ingin memastikan infrastruktur di pulau Saponda dapat menunjang aktivitas masyarakat setempat. Dari lawatannya itu, Harmin Ramba menilai masih terdapat infrastruktur di pulau Saponda yang mesti ditingkatkan. Salah satunya, tebing penahan abrasi pantai.

“Ini yang Insyaallah akan menjadi perhatian saya. Termasuk, peningkatan jalan lingkungan di pulau Saponda. Sebab kita tahu bersama, Saponda ini merupakan satu-satunya pulau yang ada di Konawe,” bebernya.

Selain itu, Harmin Ramba juga menilai, pelayanan kesehatan di pulau Saponda masih perlu diintensifkan. Sebab dari penuturan warga setempat, tenaga medis di pulau Saponda, tidak ada yang bermukim di pulau tersebut. Sebagian besar mereka tinggal dan menetap di wilayah daratan Soropia. Rupanya, hal itu disebabkan fasilitas kesehatan di Saponda hanya sebatas Poliklinik Desa (Polindes).

“Kedepan kita akan bangun Puskesmas Pembantu (Pustu) di pulau Saponda sehingga level fasilitas kesehatan bisa naik. Saya akan bicarakan sama pimpinan OPD terkait supaya mengalokasikan nakes yang mau bermukim di pulau Saponda. Namun sebelum itu, kita juga harus siapkan penginapan dan fasilitas lainnya bagi mereka,” ungkap mantan Pj Sekretaris Kabupaten (Sekab) Muna itu.

Harmin Ramba menerangkan, dalam kunkernya di Soropia, pemkab Konawe menyerahkan bantuan beras 10 kg sebanyak 377 karung. Bantuan itu, yakni dalam rangka penanganan stunting di pulau Saponda, termasuk mengatasi inflasi dan kemiskinan ekstrem diwilayah setempat.

“Hampir semua kepala keluarga (KK) dapat bantuan itu. Kita juga berikan satu set bantuan alat tangkap ikan, serta kapal bagi nelayan Saponda,” ucapnya.

Tak hanya itu, Harmin Ramba juga telah menjanjikan sejumlah bantuan peningkatan infrastruktur pendidikan di pulau Saponda. Yang mana, hanya terdapat dua sekolah di pulau itu. Yakni, Sekolah Dasar Negeri (SDN) Saponda dan Sekolah Menengah Pertama Satu Atap (SMP Satap) 2 Saponda. Itupun, kedua bangunan sekolah itu gedungnya saling berhadapan.

“Kita nanti akan alokasikan anggaran untuk rehab sekolah di pulau Saponda. Kita paving blok dan bangunkan pagar. Saya pribadi, juga akan memberikan bantuan dua unit laptop untuk para guru disini. Penyediaan internet juga kita akan fasilitasi untuk masyarakat Saponda. Satu lagi, ambulance laut akan kita bantukan nanti. Insyaallah kita siapkan anggarannya di 2024 mendatang,” tandasnya. (adi).

Tinggalkan Balasan