KPU Buka Pendaftaran Capres: Anies dan Ganjar Daftar Siang Ini, Prabowo Belum Tentukan Cawapres

KENDARINEWS.COM-Komisi Pemilihan Umum (KPU) membuka pendaftaran calon presiden dan calon wakil presiden, Kamis, 19 Oktober 2023. Pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD dijadwalkan mendaftar di hari pertama. Siang Ini. Anies-Cak Imin mendaftar duluan, kemudian Ganjar-Mahfud menyusul.

Pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) memulai rangkaian pendaftaran sebagai capres-cawapres ke KPU pada Kamis (19/10) sejak Subuh pukul 04.30 WIB. Keduanya salat Subuh bersama, di kediaman masing-masing dan sungkeman ke orang tua.

Sejak pukul 04.30 WIB, Anies salat Subuh bersama di kediamannya di Lebak Bulus, Jakarta Selatan. Sedangkan Cak Imin memulai hal sama di rumah dinasnya di Jalan Widya Chandra, Senayan, Jakarta Selatan.

Setelah itu, sekitar pukul 05.45 WIB, dua pasangan calon itu menuju DPP PKS. Tak lama setelah itu, massa kemudian mengarak ke tempat berikutnya, yaitu DPP PKB sekitar pukul 06.15 WIB dan akhirnya massa sudah ada di DPP NasDem sekitar pukul 07.15 WIB.

Kemudian, melaju ke Kantor KPU RI di Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, dengan menggunakan mobil Land Rover putih. Keduanya
mengenakan kemeja putih, peci, dan celana katun hitam. Berdiri di atas mobil terbuka dari NasDem Tower. Sedangkan sopir mobil adalah Bendahara Umum NasDem, Ahmad Sahroni.

Tampak Anies-Cak Imin melambaikan tangan menyapa massa yang sudah bejibun di jalanan. Dari atas mobil, keduanya diarak dengan kendaraan lain di jalanan.

Ganjar-Mahfud Menyusul

Pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD bakal mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada hari ini, Kamis (19/10), usai Anies-Cak Imin.
Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto menyampaikan pendaftaran Ganjar-Mahfud rencananya dilakukan sekitar pukul 11.00 WIB.

Hasto menyebut elite partai koalisi baik dari PDIP, PPP, Perindo, dan Hanura akan mendampingi keduanya saat prosesi pendaftaran di KPU.

Dia meyakinkan iring-iringan dan proses pendaftaran Ganjar-Mahfud akan berlangsung khidmat. Tak ada orasi-orasi di depan KPU selama proses pendaftaran.

“Kita ini kan tertib, sehingga tidak ada orasi-orasi di KPU. Itu tidak ada karena kami memang ingin tertib,” jelasnya.

Prabowo Segera Umumkan Cawapres

Koalisi Indonesia Maju (KIM) segera mengumumkan sosok yang akan menjadi Cawapres Prabowo Subianto.

PAN sebagai bagian Koalisi Indonesia Maju melalui Sekjen PAN Eddy Soeparno menyatakan, Cawapres Prabowo Subianto akan ditetapkan dalam waktu dekat dengan segera.

‚ÄúDalam waktu dekat dkumumkan (Cawapres Prabowo), ” ujar Eddy dikutip dari Fajar.co.id, Kamis, 19 Oktober 2023.

Lanjut dia, pendaftaran Capres-Cawapres akan disesuaikan jadwal KPU. “Pastilah sesuai jadwal KPU. Tunggu saja,” imbuhnya. (KN/JP)

Tinggalkan Balasan