48 Juta Ton Makanan Terbuang, Kerugian Ekonomi Capai Rp 551 Triliun

KENDARINEWS.COM– Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) telah melakukan kajian terkait jumlah makanan yang terbuang di seluruh Indonesia. Dari kajian tersebut terungkap bahwa jumlah makanan yang terbuang yaitu 23 juta ton hingga 48 juta ton setiap tahunnya. 

“Makanan yang terbuang sebanyak itu kerugian ekonominya mencapai Rp 213 triliun hingga Rp 551 triliun. Padahal uang sebanyak itu bisa memberi makan 61 juta hingga 125 juta orang Indonesia. Ini terjadi karena pola konsumsi makanan masyarakat yang mengambil makanan berdasarkan nafsu, bukan sesuai kebutuhan,” ungkap Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kolaka, Muhammad Azikin saat ditemui sesuai menghadiri Hari Pangan Nasional yang digelar di halaman Kantor Dinas Ketahanan Pangan Kolaka, Senin (16/10).

Dengan adanya hasil kajian tersebut, maka Azikin mengingatkan seluruh warga khususnya yang berada di Kabupaten Kolaka untuk tidak membuang makanan apabila makan di tempat acara atau hajatan. Ia menyarankan warga agar mengambil makanan secukupnya.

“Jadi ambilah makan secukupnya sesuai kebutuhan. Jangan lagi berdasarkan nafsu. Supaya tidak ada lagi makanan yang terbuang cuma-cuma sehingga ketersediaan pangan kita tetap terjaga,” tutur Azikin. (fad/kn)

Tinggalkan Balasan