Lindungi Masyarakatnya, Harmin Remajakan Pohon Pelindung di Unaaha

KENDARINEWS.COM–Penjabat (Pj) Bupati Konawe Harmin Ramba,melakukan peremajaan pohon pelindung di kota Unaaha.

Peremajaan itu dimaksudkan guna mengantisipasi tumbangnya pohon pelindung yang dapat membahayakan masyarakat pengguna jalan.

Sebagai langkah awal, Harmin Ramba memulai dengan melakukan pemangkasan dan penebangan pohon pelindung di gerbang kota Unaaha yang beralamat di kelurahan Ranoeya kecamatan Wawotobi, Jumat (29/9)

Harmin mengerahkan seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) lingkup pemerintah kabupaten (pemkab) dalam giat peremajaan pohon pelindung disepanjang jalan Ranoeya-Kasupute.

Pj Bupati Konawe Harmin Ramba mengatakan, pemangkasan dan penebangan pohon pelindung di pintu masuk kota Unaaha, dilakukan dalam rangka memberikan rasa aman kepada masyarakat. Terutama, para pengendara roda dua maupun lebih. 

“Kemarin ada kejadian salah satu aparatur sipil negara (ASN) kita yang jadi korban karena tertimpa pohon ambruk di kelurahan Ranoeya. Kita tidak ingin ada lagi korban jiwa selanjutnya akibat tertimpa pohon di pinggir jalan,” ujar Harmin Ramba, saat memimpin giat bertajuk Jumat Bersih di gerbang kota Unaaha.

Mantan Pj Sekretaris Kabupaten (Sekab) Muna itu menuturkan, dalam giat pemangkasan pohon tersebut, tiap-tiap OPD dibebankan satu pohon untuk ditangani (ditebang). Harmin menyebut, pohon yang telah ditebang akan dilakukan peremajaan. Diganti dengan pohon lain agar tidak terjadi pengurangan tanaman tumbuh diwilayah setempat.

“Satu pohon yang ditebang, akan diganti 10 pohon baru. Penanaman pohon itu juga akan kita lakukan ditempat lain. Insyaallah program Jumat Bersih ini akan terus berlanjut selama saya menjabat Pj Bupati,” imbuh Harmin Ramba. (adi/kn)

Tinggalkan Balasan