Berakhir 10 Oktober, Asmawa Kembali Diusul jadi Pj Wali Kota Kendari

KENDARINEWS.COM–DPRD Kendari telah menyerahkan dua nama calon Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari. Dua nama yang diusul yakni Asmawa Tosepu dan Nadhira Seha Nur. Nama keduanya ada dimeja Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian.

Subhan

Ketua DPRD Kendari, Subhan mengungkapkan, dua nama Pj Wali Kota Kendari telah diserahkan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) pada 28 Agustus 2023. Dua nama tersebut telah diterima Mendagri untuk ditetapkan salah satunya sebagai Pj Wali Kota Kendari.

“Nama calon Pj Wali Kota Kendari sudah ada di meja Mendagri. Nanti kita tunggu saja siapa yang akan ditetapkan sebagai nahkoda Kota Kendari,” ungkap Subhan.

Sebelumnya, ia mengungkapkan bahwa dua nama yang diusulkan ke Kemendagri merupakan hasil dari rapat penetapan Calon Pj Wali Kota Kendari yang diikuti oleh seluruh fraksi di DPRD Kendari. Hasilnya, enam fraksi mengusulkan satu nama (Asmawa) dan satu fraksi mengusulkan dua nama (Asmawa dan Nadhira). 

Asmawa Tosepu

“Rapat itu kami laksanakan guna menindaklanjuti Surat dari Sekretaris Jendral (Sekjen) Kemendagri nomor 100.2.1.3/4446/SJ pertanggal 21 Agustus 2023 perihal usulan nama Pj Wali Kota yang ditujukan ke DPRD Kota Kendari atas nama Menteri Dalam Negeri (Mendagri),” ungkap Subhan. 

Terpisah, Asmawa Tosepu saat dikonfirmasi perihal pengusulan dirinya sebagai calon Pj Wali Kota Kendari enggan berkomentar banyak. Hal tersebut lantaran Kepala Biro Umum Kemendagri ini mengaku, hingga saat ini dirinya belum melihat terkait pengusulan namanya tersebut.

“Silakan ditanyakan kepada yang mengusulkan, saya sampai sekarang belum melihat usulan itu,” singkatnya.

Sekedar informasi, dua nama calon Pj Wali Kota Kendari yang ada di meja Mendagri yaitu Asmawa Tosepu yang kini menjabat sebagai Pj Wali Kota Kendari (aktif) yang akan berakhir masa jabatannya 10 Oktober 2023. Asmawa juga saat ini menjabat sebagai Kepala Biro Umum Sekretariat Kemendagri. 

Selain Asmara Tosepu, DPRD kota Kendari juga mengusulkan nama Nadhira Seha Nur sebagai calon Pj Wali Kota Kendari. Diketahui, Nadhira Seha Nur saat ini menjabat sebagai Direktur Pengelolaan Logistik dan Peralatan BNPB RI. (ags/kn)

Tinggalkan Balasan