Tujuh PNS Malas Disanksi, Turun Jabatan Hingga Dipecat

KENDARINEWS.COM—Tujuh pegawai negeri sipil (PNS) di lingkup Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) dijatuhi sanksi ringan sampai berat bahkan dipecat dari PNS. Meja hijau yang dipimpin oleh Sekretaris Daerah didampingi Plt. Kepala Sumber Daya Manusia dan Asisten I Pemkab Koltim dan hakim disiplin lainnya mengelar sidang kode etik tujuh ASN tersebut.

Sekretaris Daerah Kolaka Timur, Andi Muh. Iqbal Tongasa menyampaikan,  sesuai hasil sidang kode etik yang digelar beberapa waktu lalu,  tujuh pegawai negeri sipil diberikan sanksi berat hingga dipecat tidak hormat.

  “Sidang disiplin ini sebagai upaya penegakan disiplin pegawai negeri dilingkup Pemerintah Daerah. Tujuannya supaya menjadi perhatian supaya lebih meningkatkan kinerja dan janji sebagai seorang PNS,” jelasnya,  Kamis (22/6).

Mantan Kadis Perumahan dan Kawasan Pemukiman Koltim ini mengimbau, semua abdi negara yang bertugas di Pemerintah Daerah Koltim supaya meningkatkan disiplin dan profesional dalam bekerja membangun dan melayani masyarakat. Menurutnya, sidang disiplin supaya menjadi perhatian bersama agar tetap berusaha mendisiplinkan diri berkantor dan bekerja. 

Terpisah, Plt.  Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Koltim, Abraham mengaku,  berdasarkan hasil sidang Tim Majelis penjatuhan hukuman disiplin dan kode etik Pemda memutuskan menjatuhkan hukuman disiplin kepada tujuh orang  melakukan pelanggaran disiplin dan kode etik.

Sekretaris Dewan Perwakilan Rakyat Daerah ini mengatakan, tujuh PNS dijatuhi hukuman disiplin, sebanyak tiga orang dijatuhi hukuman disiplin tingkat sedang berupa penurunan pangkat setingkat lebih rendah dan penundaan kenaikan pangkat selama dua tahun. Sanksi disiplin berat kepada empat orang PNS, sebanyak dua orang  dijatuhi pembebasan dalam jabatan dan dua orang pemberhentian dengan hormat tidak atas permintaan sendiri sebagai PNS.

“AM dinas perdagangan, perindustrian, koperasi dan UKM dan RW yang bertugas Sekretariat Daerah diberhentikan dari PNS.   H dan RPM bertugas di Satpol PP, Kebakaran dan Linmas, J bekerja di kantor Kecamatan Lambandia, MNM kantor Camat Dangia dan IP bertugas di Sekretariat Daerah Koltim,” imbuhnya. (kus/kn)

Tinggalkan Balasan