Dukung Kemajuan Pariwisata, Pemkab Konkep Bangun Sentra Buah

KENDARINEWS.COM — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Kepulauan (Konkep) kian memaksimalkan perkembangan sektor pariwisata dengan membangun sejumlah fasilitas penunjang memanjakan wisatawan yang berkunjung ke Bumi Pulau Kelapa tersebut. Salah satu infrastruktur yang akan dibangun adalah Sentra Buah-buahan. Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Konkep, Safiuddin Alibas, mengatakan, pengembangan sektor pariwisata menjadi salah satu fokus kerja Bupati Konkep, H. Amrullah dan Wakilnya, Andi Muhammad Lutfi, dalam mendorong geliat ekonomi di kabupaten tersebut.

“Ditahun ini kita akan mulai merintis pembangunan sentra Buah-buahan. Penyediaan anggarannya akan dilakukan pembahasan dan dimasukkan dalam postur APBD Perubahan. Pengembangan sentra buah ini nantinya difokuskan di daerah Wawonii Selatan, yakni Desa Wungkolo. Dipilihnya daerah ini karena nantinya sentra buah-buahan tersebut akan diintegrasikan dengan kawasan wisata air panas,” ujar Safiuddin Alibas, Rabu (14/6).

Ia melanjutkan, selain untuk pariwisata, sentra buah-buahan itu akan menjadi objek pendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat. Tujuan akhir dalam pengembangan sentra tersebut sebagai upaya Pemkab Konkep dalam memberikan nilai tambah ekonomi terhadap aktivitas masyarakat. “Nantinya sentra ini tidak hanya dibangun dalam skala kecil, tetapi hingga yang besar. Sehingga hal ini bisa dilirik oleh Pemerintah Pusat maupun para investor. Diharapkan perkembangan kedepannya itu akan semakin baik lagi,” ungkap Safiuddin Alibas.

Demi mendukung potensi yang dimiliki kabupaten tersebut, lanjut Safiuddin, Pemkab Konkep melalui visi Wawonii Bangkit akan terus melakukan pembangunan sentra-sentra, baik perikanan maupun pertanian dengan fokus pada beberapa wilayah yang dianggap cukup potensial. “Sumber daya manusia juga kita dorong ke sana untuk melakukan peningkatan-peningkatan. Ini akan disertai pengembangan-pengembangan lainnya. Yang pasti kita harus konsisten terhadap bagaimana melakukan percepatan pembangunan di semua sektor, tidak hanya di satu saja,” pungkasnya. (kn)

Tinggalkan Balasan