Wabup Konsel Ingatkan Warga, Minimalisir Penyebab Kebakaran

KENDARINEWS. COM-Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) melalui Wakil Bupati Konsel Rasyid mengajak seluruh lapisan masyarakat serta pemerintah mencegah terjadinya musibah kebakaran.

Rasyid mengatakan Pemerintah Kabupaten tak bisa bekerja sendirian. Artinya Pemerintah Kecamatan dan desa harus memperhatikan sebab merekalah yang bersentuhan langsung ke masyarakat. Namun demikian Pemda pasti tetap turun tangan.

“Pemerintah kecamatan dan desa harus memikirkan disetiap desa yang rawan atau penduduknya berdekatan agar dibuatkan tempat tempat penampungan air. Karena memang kita harus mengantisipasi hal itu,” pintanya.

Selanjutnya, kata ia, Pemerintah Kabupaten Konawe Selatan telah mendapat bantuan hibah dari korea terkait dengan sarana dan prasarana pemadam kebakaran.

“InsyaAllah kemarin sudah dibuat empat UPTD untuk mendekatkan jangkauan pelayanan ke masyarakat. Karena kasus kemarin, datangnya mobil pemadam terhambat karena jauhnya jarak tempuh dan lintasan yang harus dilewati dari Andoolo sampai ke Pamandati,” ungkapnya.

“InsyaAllah satu dua bulan ini datang armada yang dihibahkan tersebut. Kita juga sudah sepakati dibuat empat titik untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan,” imbuhnya.

Kemudian dirinya berpesan kepada masyarakat untuk mengecek instalasi listrik yang sudah lama agar berkonsultasi dengan PLN. Terkait instalasi listrik ini, sambungnya, masyarakat disarankan untuk tidak membuat jaringan instalasi listrik sendiri.

“Sebisa mungkin masyarakat jangan melakukan instalasi sendiri tanpa adanya konsultasi atau ditangani langsung pihak yang kompeten dalam hal ini PLN. Sehingga arus aliran listrik ini bisa kita jaga,” ujarnya.

Lebih lanjut Rasyid mengingatkan utamanya pada musim kemarau, masyarakat harus lebih memperhatikan kompor dan barang-barang lainnya yang mudah terbakar.

“Sebelum meninggalkan rumah, pastikan kompor atau sejenis lainnya sudah dimatikan. Lagi lagi cek kondisi kelistrikan di rumah. Untuk mencegah kemungkinan yang terjadi. Nah tak kalah penting juga kita memperhatikan anak-anak agar tidak bermain yang dapat menimbulkan bahaya bagi dirinya juga sekitarnya,” pesannya. (ndi/kn)

Tinggalkan Balasan