Bupati Konsel Tinjau Langsung Expo Pembangunan

Momentum Akselerasi Pembangunan dan Pertumbuhan Ekonomi Daerah

KENDARINEWS.COM — Expo Pembangunan yang digelar Pemerintah Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) dalam rangkaian HUT ke-20 daerah itu dijadikan momentum mengakselerasi pembangunan dan pertumbuhan ekonomi masyarakat. Terbukti berdasarkan catatan Pemda Konsel, selama dua malam terakhir uang yang beredar diatas Rp 1,2 miliar.

Hal tersebut diungkapkan Koordinator Pelaksanaan Pameran Pembangunan dalam rangka Hut ke-20 Konsel, Adywarsyah Toar. Dikatakannya pameran ini disandingkan dengan UMKM yang jumlahnya kurang lebih 200. “Baru dua malam terakhir ini sudah beredar Rp 1,2 miliar saya optimis sampai pada penutupan, 10 Mei nanti bisa mencapai Rp 3 sampai Rp 4 miliar uang yang beredar,” ungkapnya saat dikonfirmasi, Senin (8/5) malam kemarin.

Lebih lanjut ia mengungkapkan hut Konsel tahun ini, istimewa. Beragam kegiatan dilaksanakan. Puncaknya adalah Expo hasil hasil pembangunan selama 20 tahun Konsel berdiri. “Pameran pembangunan ini menampilkan perjalanan berdirinya 20 tahun Konawe Selatan. Diikuti seluruh OPD dan seluruh Kecamatan dengan menampilkan hasil hasil pembangunan dan potensi potensi yang dimiliki,” terangnya.

Seperti contoh, kata ia, Dinas Pariwisata Konsel yang menonjolkan prestasi daerah. Dimana, pencapaian teranyar Desa Wisata Sumber Sari Air Terjun Moramo, Kecamatan Moramo, Provinsi Sulawesi Tenggara dinobatkan Kemenparekraf RI sebagai juara 3 se-Indonesia untuk kategori daya tarik pengunjung. Bersaing dengan 3.742 peserta pada Anugrah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2022.

“Begitu juga OPD dan Kecamatan lainnya yang menampilkan hasil kerja OPD nya selama ini. Misalnya yang juga berprestasi di kancah nasional adalah Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Konsel. Kemudian menampilkan pula pelayanan pelayanan terhadap masyarakat,” kata Kadis Pariwisata Konsel itu.

Lebih dalam dari itu ia menyebut banyak karya pemerintah khususnya di masa kepemimpinan Bupati H Surunuddin Dangga. Paling nampak adalah bagaimana akses jalan telah mulus dan telah banyak yang terlapisi aspal.

“Bahkan pembukaan akses darat ke kecamatan Laonti menjadi yang paling menonjol. Karena sejak Indonesia merdeka, daerah ini tak miliki akses jalan. Satu satunya cara menuju Laonti adalah lewat transportasi laut, nah sekarang sudah bisa menggunakan transportasi darat berkat komitmen Bupati H Surunuddin Dangga,” terangnya.

Adywarsyah mengungkapkan Expo pembangunan ini dilombakan. Terbagi atas kategori OPD dan kategori Kecamatan. Untuk Dewan juri, lanjutnya, didatangkan dari pemerintah provinsi Sulawesi Tenggara. Yang dipimpin atau dikepalai oleh Kepala Biro Pembangunan Pemprov Sultra.

“Tujuannya mempercayakan pihak Provinsi agar proses penjurian sportif, merekalah yang menentukan juknis dan kriteria penilaian. Artinya kita semua OPD dan Kecamatan lingkup Pemda Konsel adalah peserta,” jelasnya.

Sementara itu Bupati Konsel H Surunuddin Dangga meninjau langsung pelaksanaan Expo tersebut. Dirinya ingin melihat keseriusan para aparaturnya. Khususnya para pemerintah Kecamatan, dan jajaran OPD. Ia pun mengajak masyarakat melihat langsung produk produk yang dijadikan unggulan, dari masing-masing stand, Senin (8/5) malam kemarin.

“Secara garis besar, masing-masing OPD dan Kecamatan menunjukan antusias dan keseriusannya. Tentunya kita dapat menyaksikan masing-masing stand menghadirkan produk yang mendukung pembangunan dari masing-masing Organisasi Perangkat Daerah,” ungkapnya.

Tak hanya itu, secara spesifik Pemda, kata Surunuddin melihat banyak produk utamanya UMKM yang berdaya saing. Dari wadah promosi tersebut diharapkan produk produk itu mampu dioptimalkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Ini adalah salah satu momentum untuk mempercepat akselerasi pembangunan di daerah dan pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Konawe Selatan.

“Saya lihat banyak produk di daerah kita yang tak kalah saing, inilah wadah promosinya. Katakanlah contohnya gula merah, seberapa banyak produknya dan kita dorong dikemas lebih menarik dan sesuai standar agar mendapat pasar yang lebih besar lagi,” ujarnya. (ndi)

Tinggalkan Balasan