Membanggakan, FMIPA UHO Miliki 2 Prodi Terakreditasi Unggul

KENDARINEWS.COM–Program Studi (Prodi) Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Halu Oleo (FMIPA UHO) berhasil meraih akreditasi unggul.

Prestasi yang membanggakan UHO ini, kembali dipersembahkan FMIPA UHO, mengingat sebelumnya Prodi Fisika juga meraih akreditasi unggul.

Dekan FMIPA UHO, Dr. Ida Usman, S.Si., M.Si., mengatakan, saat ini fakultas yang dipimpinnya telah memiliki dua Prodi terakreditasi unggul.

“Saya berharap jurusan lainnya menyusul untuk akreditasi unggul. Sebelumnya prodi kimia akreditasi A dan dikonversi menjadi unggul,” ujarnya.

Lanjutnya, untuk mendapatkan akreditasi tersebut tidaklah mudah karena harus melalui berbagai tahapan penilaian. Diantaranya mulai dari kualifikasi dosen, jumlah guru besar yang ada, kurikulum, manajemen mutu, tersier studi (survei terhadap alumni berapa lama untuk mendapatkan pekerjaan) serta terakhir adalah kepuasan pengguna (sikap profesional alumni terhadap pekerjaannya).

“Alhamdulillah untuk hal tersebut kami memenuhi syarat. Kalau itu tidak kita penuhi sulit untuk mendapatkan akreditasi unggul,” ungkapnya.

Untuk meningkatkan SDM, kata Ida, dirinya terus melakukan kerjasama dengan berbagai pihak, baik itu perusahaan industri maupun dinas terkait. “Upaya ini kami tempuh selain untuk meningkatkan SDM alumni juga sebagai syarat akreditasi,” jelasnya

Ia menyebut bahwa selaku dekan dirinya juga terus melakukan perbaikan sarana dan prasarana yang ada di FMIPA UHO sehingga mahasiswa dapat belajar dengan nyaman.

“Saat kami ajukan akreditasi tentunya sarana dan prasarana kami itu sudah harus siap dan memadai. Sehingga dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa,” imbuhnya.

Ia menambahkan bahwa generasi muda harus meningkatkan potensi serta kemampuannya khususnya di jurusan FMIPA. Karena dunia pekerjaan sekarang membutuhkan SDM yang unggul dan mampu berteknologi.

“Diharapkan dengan berbagai upaya ini, salah satu akreditasi. Kedepannya banyak calon-calon mahasiswa yang minat untuk menempuh pendidikan di FMIPA UHO,” tutup Mantan Dekan Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian UHO tersebut.(win/kn)

Tinggalkan Balasan