DPS Konawe Berjumlah 184.027 Pemilih

KENDARINEWS.COM–184.027 warga Konawe telah ditetapkan sebagai daftar pemilih sementara (DPS) pada pemilu serentak tahun 2024 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Konawe. 184.027 pemilih itu berasal dari 28 kecamatan se-Konawe. Rinciannya, 94.272 pria dan 89.755 perempuan.

Komisioner KPU Konawe, Andriansyah Siregar mengatakan,  rampungnya penetapan DPS di Konawe, tak lepas dari peran penyelenggara ditingkatan masing-masing. Terutama, panitia pemutakhiran data pemilih (pantarlih) dan didampingi panitia pemungutan suara (PPS).

“Badan Ad-Hoc ini sangat berkontribusi besar dalam penyusunan daftar pemilih hasil pemutakhiran (DPHP). Yakni, dengan mendatangi warga untuk melakukan pencoklitan secara De Jure,” ujar Andriansyah Siregar, Rabu (12/4).

Koordinator Divisi (Kordiv) Perencanaan, Data dan Informasi (Rendatin) KPU Konawe itu menuturkan, penetapan DPS di Konawe telah diplenokan pada pekan kemarin. Pasca penetapan DPS itu, sambungnya, KPU lewat PPS akan mengumumkan data pemilih dengan menempel nama-nama masyarakat yang sudah terdaftar di DPS. Tujuannya, untuk mendapatkan masukan dan tanggapan terkait warga yang sudah terdaftar tersebut.

“Setelah dilakukan pengumuman, PPS menerima masukan dan tanggapan dari semua pihak selama 14 hari. Kemudian, akan kami rekapitulasi berjenjang lagi untuk selanjutnya ditetapkan menjadi daftar pemilih sementara hasil perbaikan (DPSHP),” tandasnya. (kn).

Tinggalkan Balasan