Duet SMS Berjaya Memimpin Kabupaten Kolaka

KENDARINEWS.COM — Dua periode menerima amanah dan disumpah menjadi pemimpin di Bumi Mekongga, Bupati Kolaka, H.Ahmad Safei dan Wakil Bupati Kolaka, H.Muhammad Jayadin membuktikan mereka adalah pilihan tepat rakyat Kolaka. Hampir 10 tahun memimpin, duet pasangan berakronim SMS Berjaya tersebut sukses menata dan berkarya untuk Kolaka lebih maju.

Di periode kedua kepemimpinan, duet SMS Berjaya mengusung visi “menjadikan Kabupaten Kolaka semakin maju, berkeadilan, dan sejahtera”. Sejumlah program telah dicanangkan dan dilaksanakan untuk merealisasikan visi tersebut. Hasilnya, sejumlah karya pembangunan yang dilakukan oleh SMS Berjaya kini telah dinikmati dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. 

Duet SMS Berjaya yang masa jabatannya berakhir Januari 2024 itu, terus berkarya dengan menelorkan sejumlah program brilian. Diantaranya, pembukaan jalan lingkar selatan, jalan lingkar tengah, pembangunan kebun raya dan pembukaan pelayaran di Pelabuhan Pomalaa.

Meski mengeluarkan program baru dalam menata Bumi Mekongga, duet Safei-Jayadin
yang tetap solid membangun Kolaka tidak lantas mengabaikan program pembangunan yang belum tuntas di periode pertama, termasuk pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) SMS Berjaya.

Safei berjanji akan menuntaskan seluruh programnya sebelum masa jabatannya berakhir.
“Kami akan selesaikan pembangunan tower (menara) III RSUD SMS Berjaya. Tahun 2023 ini seluruh gedung ditargetkan akan segera difungsikan. Sehingga pelayanan kesehatan lebih maksimal dan nantinya tenaga medis juga akan direkrut,” ujar Bupati Kolaka Ahmad Safei dalam sidang paripurna istimewa DPRD Kolaka dalam rangka peringatan HUT ke-63 Kabupaten Kolaka, Senin (27/2), kemarin.

Bupati Safei mengakui tantangan diperiode keduanya lebih berat, sebab seluruh daerah bahkan negara di seluruh dunia dilanda pandemi Covid-19. Sehingga berdampak pada pertumbuhan ekonomi. Olehnya itu, untuk meningkatkan perekonomian, Bupati Safei menginisiasi berbagai program stimulan di sektor UMKM dan berbagai macam pelatihan keterampilan yang bertujuan untuk menumbuhkan paritisipasi masyarakat dalam berwirausaha.

“Program tersebut tidak hanya menjadikan masyarakat kita bisa mencari kerja, tetapi juga dapat menjadi pencipta lapangan kerja. Alhamdulillah, pertumbuhan ekonomi yang hanya -3,40 persen di tahun 2020 karena pandemi, meningkat drastis di tahun 2021 menjadi 4,21 persen. Pencapaian tersebut berkat kerja keras dan kerja sama seluruh pihak terkait,” tutur Bupati Safei.

Selain sukses meningkatkan perekonomian, dalam sembilan tahun kepemimpinannya, Safei dan Jayadin juga berhasil menekan angka kemiskinan. Sesuai data BPS, tingkat kemiskinan di Kabupaten Kolaka pada tahun 2014 mencapai 14,99 persen dan menurun menjadi 11,51 persen pada tahun 2022. (fad/b)

Tinggalkan Balasan