Warning! Pemilik Ternak Liar Bisa Dipidana

KENDARINEWS.COM– Seyogyanya hewan ternak memiliki kandang, namun lain halnya di Konawe Selatan. Banyak hewan ternak seperti sapi dan kambing dibiarkan berkeliaran. Bahkan hingga ke jalan raya dan tempat umum lainnya.

Atas dasar itu Kasat Pol PP Konsel, Ivan Ardiansyah Togala getol menertibkan permasalahan itu. Penertiban yang dilakukan, lanjutnya, berdasarkan Peraturan Daerah nomor 3 tahun 2016 tentang penertiban hewan ternak dalam wilayah Kabupaten Konawe Selatan.

“Penertiban itu rutin dilakukan namun masih saja kita mendapatkan hewan ternak yang di lepas liar, olehnya itu kita mengajak masyarakat terlibat aktif menjaga keamanan dan ketertiban wilayahnya masing-masing,” kata Ivan saat berkesempatan melakukan sosialisasi Perda tersebut dalam kunjungan kerja Pemkab Konsel bersama masyarakat di Kecamatan Laonti, kemarin.

Lebih lanjut Ivan menjelaskan, hal tersebut merupakan produk hukum yang sah. Dalam Perda nomor 3 tahun 2016 itu termuat empat poin yang harus ditegakkan. Diantaranya, lanjut ia, pemilik ternak wajib memelihara ternak dalam kandang atau diikat sehingga tidak berkeliaran. Kemudian lokasi kandang harus jauh dari pemukiman rumah ibadah, sekolah, pasar, dan fasilitas umum lainnya.

“Poin selanjutnya, peternak dilarang keras melepas ternak berkeliaran di pekarangan rumah, jalan, dan tempat fasilitas umum lainnya. Untuk pemilik ternak yang melanggar akan mendapatkan sanksi pidana kurungan penjara 3 (tiga) bulan dan denda Rp. 2.500.000,” tegasnya. (ndi/kn)

Tinggalkan Balasan