oleh

UPP Kelas III Molawe Kampanye Aksi Bersih Pantai

KENDARINEWS. COM–Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas III Molawe melakukan kampanye aksi bersih-bersih pantai diseputaran pantai di Kecamatan Molawe.

Aksi tersebut dilaksanakan dalam rangka memperingati hari perhubungan nasional tahun 2022.

Kepala UPP Kelas III Molawe, Abd Faisal Pontoh menuturkan aksi pembersihan pantai merupakan bentuk kampanye dan edukasi pada masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan dan kelestarian wilayah pantai.

Kampanye bersih-bersih pantai Molawe melibatkan sejumlah lembaga pemerintahan dan swasta. Baik dari unsur TNI Angkatan Laut, Polairud, pemerintah kecamatan/kelurahan hingga asosiasi perusahaan bongkar muat (APBMI) dan TKBM yang menjadi mitra UPP Kelas III Molawe.

“Pencanangan gerakan bersih pantai ini dilaksanakan untuk menjaga dan memelihara kelestarian, keindahan serta kebersihan lingkungan pantai di Kecamatan Molawe yang berada dalam kawasan Pelabuhan Molawe. Ini bertujuan guna meningkatkan kepedulian dan partisipasi masyarakat dalam menjaga lingkungan pesisir,”ujar Abd Faisal Pontoh.

Berbagai jenis sampah terutama sampah plastik yang mengotori laut dan pantai di berbagai titik diwilayah laut yang ada di Pelabuhan Molawe dibersihkan. .

“Hal ini demi menjaga kelestarian lingkungan yang baik dan untuk kelangsungan generasi penerus kita. Kehidupan biota laut yang terjaga dari sampah akan memberikan kehidupan yang berkesinambungan bagi nelayan dan warga sekitarnya. Sehingga ekosistem laut dapat terjaga dengan baik,”ujar Abd Faisal Pontoh.

Selain aksi bersih pantai, UPP Kelas III Molawe turut mengkampanyekan tentang keselamatan pelayaran. Pasalnya, keselamatan pelayaran bukan hanya sebatas sebuah kewajiban, melainkan sebuah kebutuhan yang paling mendasar dan fundamental.

“Artinya keselamatan menjadi kebutuhan anak buah kapal (ABK), nahkoda, pemilik kapal dan seluruh komponen pelayaran. Nah, karena itu menjadi sebuah kebutuhan, maka kita harus menjaga sebagai prioritas utama keselamatan,”pungkasnya. (min/kn)

Komentar

Tinggalkan Balasan