oleh

FPPP USN Dorong Mahasiswa Berwirausaha

KENDARINEWS.COM — Fakultas Pertanian, Perikanan, dan Peternakan (FPPP) Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka tak hanya berupaya mencetak alumni yang siap kerja, tetapi juga yang bisa menciptakan lapangan kerja. Olehnya itu, mahasiswa yang kuliah di FPPP USN Kolaka didorong untuk berwirausaha. DEKAN FPPP USN Kolaka, Syahrir Sahaka mengungkapkan, pihaknya selalu mendorong mahasiswanya untuk berwirausaha. Harapannya, setelah menuntaskan studi, keberadaan alumni FPPP USN Kolaka nantinya sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat di sekitarnya. “Jangan hanya jadi pegawai. Tapi alumni FPPP USN Kolaka harus mampu menciptakan lapangan kerja. Minimal ia bisa usaha sendiri,” ujarnya, memotivasi.

Kata Syahrir, salah satu upaya yang dilakukan pihaknya untuk mendorong mahasiswanya agar bisa berwirausaha yaitu dengan menggelar expo agripreneur. Kata dia, dalam event tersebut pihaknya menggelar pameran hasil produk usaha mahasiswa dari bahan pertanian. “Expo agripreneur baru kami gelar kemarin. Dalam pameran tersebut, mahasiswa FPPP memamerkan sejumlah produk wirausaha dari bahan pertanian seperti abon ikan, sambal ikan, dan jus rumput laut,” ungkapnya saat ditemui Selasa (13/9).

Kemampuan mahasiswa FPPP USN Kolaka dalam berwirausaha mendapat apresiasi dari pemerintah pusat. Kata Suahrir, sejumlah mahasiswa di FPPP USN Kolaka telah mendapat bantuan dana untuk berwirausaha dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek). “Tahun lalu ada dua kelompok mahasiswa FPPP USN Kolaka yang mendapat bantuan dana dari Kemendikbud Ristek tersebut. Untuk tahun ini juga ada satu kelompok. Ini menandakan bahwa mahasiswa FPPP mampu berwirausaha,” pungkasnya. (kn)

Komentar

Tinggalkan Balasan