oleh

Tak Dapat Kerja, Duit pun Raib

KENDARINEWS.COM–Ada ada saja cara orang untuk bisa memuaskan diri, tak peduli itu benar atau salah. Tak peduli jika akibatnya harus di bui. Lihat saja pemuda RN (26) yang berbekal modus tipu tipunya, dan berhasil memperdaya sekitar 40 orang. Atas perbuatannya ia mendekam dibalik dinginnya sel tahanan.

Kapolsek Mandonga Kompol Muhammad Salman mengatakan, kasus ini bermula ketika RN menjanjikan puluhan korbannya untuk bisa kerja di area pertambangan di Morowali, namun janji itu tinggalah janji. Dari hasil penyelidikan, baik keterangan pelaku maupun keterangan beberapa saksi yang diperiksa, menemukan bahwa jumlah korban sebanyak 40 orang.

“Korban diperdaya dengan cara diyakinkan bakal difasilitasi diterima kerja pada sebuah perusahaan tambang di Kabupaten Morowali. Usai korban menyetor sejumlah uang, janji manis pelaku tak kunjung terbukti. Bahkan pelaku menghilang,” kata Kompol Muhammad Salman, kemarin.

Dari 40 orang yang menjadi korban penipuan dan penggelapan yang dilakukan oleh RN, ditaksir kerugian mencapai kurang lebih Rp 40 juta. Jumlah setoran masing-masing korban bervariasi. Ada yang ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

“Dari keterangan pelaku, uang yang didapat dari korban dipergunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Pelaku juga ini masih berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kota Kendari,” beber Salman.

Kompol Muhammad Salman menambahkan, untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, pelaku RN dijerat pasal 374 KUHP tentang penipuan dan penggelapan dengan ancaman pidana 4 tahun. (kn).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Berita Terkini