oleh

336 Desa Sudah Cairkan DD Tahap II

KENDARINEWS.COM — 336 wilayah di Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) telah mencairkan dana desa (DD) tahap II tahun 2022. Dengan demikian, diharapkan rencana program pembangunan dan pemberdayaan masyarakat yang ditetapkan, bisa segera direalisasikan. Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Konsel, Anas Mas’ud, Senin (29/8).
Mantan Kadis Kominfo Konsel itu mengatakan, batas pencairan DD tahap II hingga 31 Agustus 2022. Artinya sebelum batas yang ditetapkan, seluruh desa di wilayah tersebut telah melaksanakan tugasya.

“Pencairan ini harusnya tak ada kendala, karena sama saja dengan proses tahap sebelumnya. Yang membedakan, Pemdes diminta menunjukan surat pertanggungjawaban (SPJ) realisasi DD tahap I,” ungkapnya, kemarin.
Terkait pencairan DD, diharapkan segera menggerakkan ekonomi masyarakat desa, menggalakkan berbagai kegiatan produktif serta mendorong pengelolaan sektor unggulan wilayah dan masyarakat. “Anggaran tersebut harus dimanfaatkan sebaik mungkin dalam mendukung pelaksanaan pembangunan di desa. Juga menunjang pengelolaan pemerintahan. Meningkatkan perekonomian masyarakat berbasis pedesaan,” ujar Anas Mas’ud.

Anas Mas’ud

Lebih lanjut, ia mengimbau seluruh kepala desa melaksanakan program pembangunan sesuai rencana atau program yang tertuang dalam APBDes. “Intinya APBDes ini sudah running (berjalan) jadi belanjanya sesuai yang ada di rencana kegiatan. Kemudian pada saat penyusunan APBdes diawal tahun, harus berpedoman pada Perbup pengelolaan dana desa,” tandasnya. (kn)

Komentar

Tinggalkan Balasan