oleh

Desa Tambosupa Bersolek Menuju Level Nasional

KENDARINEWS.COM — Desa Tambosupa di Konawe Selatan (Konsel) teus mematangkan pesiapan untuk berkompetisi sebagai duta Provinsi Sulawesi Tenggara pada lomba desa tingkat nasional. Tambosupa menjadi juara lomba desa tingkat Provinsi pada tahun 2022 ini. Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga, meminta tiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) teknis lebih memaksimalkan pembinaan dan penyempurnaan persiapan saat penilaian perlombaan desa tingkat provinsi beberapa waktu lalu. “Untuk menghadapi penilaian tingkat regional dan nasional, kita harus dapat menampilkan semua potensi yang ada di Desa Tambosupa,” kata Surunuddin, Minggu (14/8) saat memimpin rapat koordinasi yang dihadiri perwakilan DPMD Provinsi dan OPD lingkup Pemkab, TP-PKK Kabupaten serta Pemerintah Kecamatan Moramo dan Pemerintah Desa Tambosupa.

Konsel-1 itu juga menyorot objek wisata air panas yang ada di daerah tersebut. Potensi wisata itu, akan diintervensi oleh Pemerintah dan ada pembenahan infrastruktur. “Pemkab akan mengadakan perbaikan jalan menuju lokasi permandian air panas, karena ini potensi wisata yang perlu untuk diperhatikan,” ujarnya. Surunuddin juga meminta Dinas Kominfo Konsel bersama pihak terkait lain membuat video potensi dan profil Desa Tambosupa, sehingga dapat dipromosikan dan semakin dikenal masyarakat luas.

“Segala potensi yang dimiliki Desa Tambosupa akan dibenahi atau disempurnakan. Kita berupaya memberi yang terbaik. Pemkab tak bekerja sendiri, namun melibatkan seluruh lintas stakeholder terkait dan lapisan masyarakat,” ujarnya. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Konsel, Anas Mas’ud, mengatakan, pada prinsipnya tim penilai dari pusat akan melakukan klarifikasi terhadap data yang telah dikirimkan. Mencocokkan antara data administrasi, dokumen dan kondisi real di lapangan.

“Keunggulan yang dimiliki Desa Tambosupa diantaranya sudah mulai memanfaatkan teknologi informasi untuk pelayanan publik, yaitu pelayanan persuratan online, akses perpustakaan secara online melalui website desa. Lalu pemanfaatan halaman atau pekarangan masyarakat secara produktif. Tentunya Desa Tambosupa optimistis mendapatkan nilai terbaik,” kata Anas. (kn)

Komentar

Tinggalkan Balasan