oleh

Pemkab Konawe Usul Penerapan Retribusi Sampah

KENDARINEWS.COM — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe mengusulkan adanya pungutan retribusi sampah rumah tangga kepada warga. Kebijakan itu mulai diberlakukan tahun 2023 bila disetujui DPRD setempat. Sebagai langkah awal, retribusi sampah hanya akan diberlakukan di wilayah perkotaan Unaaha.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Konawe Herianto Wahab mengatakan, usulan kebijakan itu telah disampaikan kepada DPRD Konawe. Mengenai besaran biaya pungutan oleh Pemkab itu, ia mengaku masih akan dibahas kembali bersama legislator. Termasuk, hal-hal teknis lainnya berkaitan pembayaran retribusi sampah rumah tangga tersebut.

“Apakah per minggu atau tiap bulan, itu kita akan bahas lagi. Untuk objek pajaknya, kita akan lakukan pendataan dulu,” ujar Herianto Wahab, Senin (8/8).

Mantan Kasatpol-PP dan Damkar Konawe itu menuturkan, selain rumah tangga, rencananya juga akan memberlakukan kebijakan itu terhadap beberapa jenis usaha yang dirasa memiliki prospek yang cukup bagus. Misalnya, usaha penginapan maupun perhotelan, rumah makan, serta usaha lainnya.

Untuk mendukung aturan itu, pihaknya pun bakal menyiapkan sekira ribuan tong sampah di titik yang telah disepakati.

“Nantinya, kita juga akan membuat kesepakatan tertulis antara DLH Konawe dan masyarakat. Sifatnya mengikat sehingga objek pajak akan menaati kebijakan pungutan retribusi sampah rumah tangga yang diberlakukan pemkab Konawe,” imbuhnya. (adi/b).

Komentar

Tinggalkan Balasan