oleh

Ridwan Zakariah Lantik 39 Kades Terpilih

KENDARINEWS.COM — Raut bahagia terpancar dari wajah 39 kepala desa (Kades) terpilih di Buton Utara (Butur), usai resmi dilantik, Selasa (26/7). Seremonial pengambilan sumpah dipimpin langsung Bupati Butur, Muh. Ridwan Zakariah dan turut dihadiri Wakil Bupati, Ahali, Ketua DPRD, Rukman Basri Zakariah dan sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah di Aula Bapedda. “Jika kita sungguh-sungguh, akan terbangun kepercayaan masyarakat terhadap kinerja Pemerintah Desa. Ayo bekerja keras dan cerdas, wujudkan Buton Utara yang maju, adil dan sejahtera. Saya mengapresiasi panitia pemilihan kepala desa, TNI dan Polri yang turut terlibat menyukseskan helatan Pilkades serentak kali ini,” ujar Ridwan Zakariah, kemarin.

Ia menegaskan, tugas utama Kades adalah untuk menyelenggarakan pemerintahan di wilayahnya, melaksanakan pembangunan sarana prasarana perdesaan dan meningkatkan sektor pendidikan serta kesehatan. Selain itu, pembinaan seperti pelaksanaan hak dan kewajiban, partisipasi masyarakat, sosial budaya, keagamaan dan ketenagakerjaan.
“Kepala desa harus menaati regulasi yang berlaku dalam penggunaan dana desa. Jangan disalahgunakan untuk kepentingan pribadi,” imbau Butur-1 tersebut.

Mantan Sekretaris Kabupaten Buton itu mengungkapkan, dana desa yang diterima serta pengelolaan keuangannya merupakan tanggung jawab yang besar. Semua dasar hukum, tata cara, serta regulasinya sudah sangat lengkap dan jelas tertuang dalam undang-undang peraturan desa. Bahkan dalam pelaksanaan program yang dibiayai oleh dana desa, juga diatur jelas dalam peraturan menteri keuangan. “Dalam pelaksanaan harus menerapkan prinsip akuntabilitas dan transparansi serta tata kelola keuangan yang baik. Semua kegiatan dalam pemerintahan mesti dipertanggungjawabkan. Sehingga mengarah pada terwujudnya Pemerintahan Desa yang baik, bertanggung jawab dan disiplin anggaran,” tandas Ridwan Zakariah. (kn)

Komentar

Tinggalkan Balasan