oleh

Sosialisasi Penanganan Bencana, BPBD Mubar Sasar Rumah Ibadah

KENDARINEWS.COM — Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Muna Barat (Mubar) melakukan sosialisasi penanganan bencana. Kali ini BPBD Mubar menyasar rumah-rumah ibadah sebagai lokasi pelaksanaan kegiatan. Hal itu dilakukan karena rumah ibadah kerap dijadikan sebagai tempat berlindung dan evakuasi ketika terjadi bencana.

“Kita melakukan sosialisasi rumah ibadah tangguh bencana. Kita memilih rumah ibadah sebagai lokasi sosialisasi karena disini sebagai pusat penyampaian informasi untuk kebaikan umat. Kemudian selama ini telah banyak contoh kasus, ketika terjadi darurat bencana tempat ibadah selalu menjadi alternatif titik kumpul dan menjadi tempat evakuasi sementara,” kata Kepala Pelaksana BPBD Mubar, Takari Abdullah Rabu (20/7).

Lanjutnya, sebagai perwakilan pihaknya melaksanakan kegiatan sosialisasi diempat rumah ibadah. Yaitu, masjid al mujahiddin, Desa Kusambi, gereja GPIB, Desa Abadi Jaya, vihara, Desa Suka Damai, dan pura girisari, Desa Lawada. “Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada pengurus tempat ibadah tentang pencegahan dan kesiapsiagaan menghadapi bencana,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Kesiapsiagaan, BPBD Mubar, La Ode Mirad mengungkapkan bahwa pengurangan risiko bencana dapat dilakukan melalui pembangunan fisik dan peningkatan kapasitas manusia. “Jadi kami menilai pengurus rumah ibadah sangat tepat untuk menjadi sasaran penyampaian informasi tentang upaya pengurangan risiko bencana. Karena dari para pengurus rumah ibadah yang nantinya akan menyampaikan informasi kebencanaan kepada para jemaah,” pungkasnya. (ahi)

Komentar

Tinggalkan Balasan