oleh

44,59 Persen Wilayah Wakatobi Belum Terakses Internet

KENDARINEWS.COM — Sebagai daerah wisata, akses jaringan internet di Kabupaten Wakatobi, sangat penting. Namun hingga tahun 2022 ini, wilayah dengan akses telekomunikasi yang baik baru capai 55,41 persen. Artinya sebanyak 44,59 persen wilayah di Wakatobi masih minim hingga belum terkoneksi jaringan. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Statistika dan Persandian (Kominfo) Wakatobi, Dr. Suruddin, mengaku, hampir setiap tahun pihaknya mengusulkan beberapa desa atau wilayah yang sama sekali belum tersentuh jaringan seluler dan internet agar dapat terakses. Sayangnya, dari puluhan titik yang diusulkan, hanya beberapa saja yang terealisasi.

Suruddin menjelaskan, beberapa faktor harus dipenuhi oleh satu wilayah agar bisa terakses jaringan. Hal tersebut merupakan syarat yang telah ditetapkan oleh pihak provider Telkomsel, mengingat di Wakatobi hanya menggunakan satu jaringan saja. Salah satunya, jumlah penduduknya minimal 2.000 jiwa. “Syaratnya secara teknis jumlah penduduknya minimal 2000 jiwa untuk satu tower. Lalu syarat lainnya, investasi yang harus didapat minimal Rp 60 juta setiap bulan oleh Telkomesel,” terangnya.

Ketika dua hal tersebut belum dapat dipenuhi, maka menjadi hambatan. Padahal, Kabupaten Wakatobi merupakan daerah yang masuk 10 top destinasi pariwisata prioritas nasional. Tentunya bukan hanya aksesibilitas transportasi, melainkan harus didukung sarana dan fasilitas lain juga yang harus memadai. “Sementara untuk jaringan ini, pemerintah tidak bisa intervensi. Kita hanya mengusulkan sesuai kebutuhan, tapi yang menentukan pihak Telkomsel. Makanya kita harus bersabar karena memang daerah-daerah kita yang bahkan sampai saat ini belum terakses itu karena belum memenuhi syarat yang ada,” bebernya.

Kendati demikian, pihaknya akan selalu mengupayakan melakukan koordinasi dengan pihak terkait. Apalagi saat pandemi Covid-19, akses jaringan internet sangat dibutuhkan khususnya oleh kalangan siswa dan guru untuk belajar via daring. Olehnya itu, pihaknya terus membangun komunikasi dan terus melakukan usulan penambahan jaringan agar persentase ketersediaan jaringan internet di Wakatobi bisa meningkat setiap tahun. (thy)

Komentar

Tinggalkan Balasan