oleh

Dinsos Perkuat Peran Pilar Sosial

KENDARINEWS.COM–Keberadaan pilar sosial sangat membantu pemerintah dalam mengatasi berbagai permasalahan sosial masyarakat. Atas dasar itu, Dinas Sosial (Dinsos) Kota Kendari berupaya meningkatkan perannya melalui penguatan organisasi dan edukasi.

Kepala Dinsos Kota Kendari Abdul Rauf menjelaskan penguatan organisasi melalui sosialisasi dan edukasi sangat penting dalam rangka meningkatkan peran pilar sosial ditengah masyarakat. “Kami ingin mereka (pilar sosial) aktif (Dimasyarakat),” ungkapnya, kemarin.

Di Kendari lanjutnya, terdapat beberapa pilar sosial masyarakat. Diantaranya, Taruna Siaga Bencana (Tagana), Palang Merah Indonesia (PMI), Tim Pusat Kesejahteraan Sosial (Puskesos), Pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) dan masih banyak lagi.

Mantan Kabag Kesra Pemkot Kendari ini yakin, pendampingan dan edukasi yang diberikan selain bisa meningkatkan kompetensi pilar sosial, juga akan menambah semangat para pilar dalam menjalankan tugas. Apalagi tugas dari pilar tidak mudah yakni membantu pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan warga prasejahterah.

Abdul Rauf mencontohkan, pekan lalu pihaknya memberikan penguatan kepada para pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) sebanyak 32 peserta. Tugas para pendamping selain memastikan warga prasejahtera dapat mengakses bantuan, juga memiliki peran membantu pemerintah dalam mengkordinir kondisi kesehatan keluarga dan pencegahan stunting.

“Informasi yang diberikan oleh pilar sosial terutama dari pendamping PKH sangat penting bagi kami. Atas laporan yang diberikan, misalnya pengajuan program bansos, layanan jaminan kesehatan nasional (JKN) bisa langsung kita asesmen untuk kemudian dimasukan dalam DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial) sehingga masyarakat bisa mendapatkan bansos,” ungkap Abdul Rauf.

Kedepan, Mantan Sekcam Baruga ini akan terus melakukan pendampinga terhadap seluruh pilar sosial di Kota Kendari yang saat ini jumlahnya sudah mencapai sekira 300. “Kita akan terus dampingi,” pungkasnya. (KN)

Komentar

Tinggalkan Balasan