oleh

Diusul Rp 40 Miliar, Anggaran Pilkada Mubar Naik Dua Kali Lipat

KENDARINEWS.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Muna Barat (Mubar) telah mengajukan rincian kebutuham anggaran pelaksanaan pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024. Kepada Pemerintah Daerah (Pemda) Mubar, penyelenggaran Pemilu di daerah itu mengajukan Rp 40 miliar sebagai modal penyelenggaran Pilkada. Besaran nilai anggaran tersebut naik dua kali lipat dari anggaran Pilkada 2017 sebesar Rp 22 miliar.

“Itu karena ada beberapa komponen kegiatan yang mengalami kenaikan. Diantaranya seperti honor tim ed-hok. Mulai dari honor PPK yang sebelumnya Rp 1,5 juta naik menjadi Rp 2,4 juta, honor PPS dari Rp 1 juta menjadi Rp 1,5 juta, dan honor KPPS dari Rp 400 ribu naik menjadi Rp 1 juta,” kata Ketua KPU Mubar, Awaluddin Usa saat ditemui usai melakukan pertemua bersama Bupati Mubar Senin (13/6).

Ketua KPU Muna Barat, Awaluddin Usa

Lanjut mantan wartawan Kendari Pos kotributor Kabupaten Muna itu, kenaikan anggaran Pilkada juga dikarenakan kondisi pandemi Covid-19. Dimana penyusunan rincian kebutuhan anggaran dilakukan saat pandemi melanda seluruh wilayah. Sehingga atas pertimbangan pandemi tersebut diprediksi akan ada pengurangan pemilih disetiap TPS untuk memutus penyebaran virus korona.

“Penyesunan rincian kebutuhan anggaran berdasarkan hitungan Pilkada digelar dalam kondisi Pandemi Covid-19. Sehingga akan terjadi pengurangan pemilih disetiap TPS. Nah, pengurangan pemilih di setiap TPS akan berdampak pada penambahan TPS pula. Sehingga secara otomatis KPPS juga akan bertambah. Sehingga kebutuhan anggarannya juga bertambah,” terang komisioner yang karib disapa Awal itu.

Ia, menambahkan, Rp 40 miliar anggaran Pilkada 2024 itu baru sebatas usulan yang diajukan ke Pemda Mubar. Mengenai berapa yang nantinya akan disepakati, pihaknya belum tahu. Yang pasti dari kondisi anggaran yang diajukan masih akan dikomunikasikan bersama Pemda Mubar. “Kita akan diskusikan bersama Pemda untuk membahas ulang terkait anggaran Pilkada 2024 mendatang,” pungkasnya. (ahi).

Komentar

Tinggalkan Balasan