Waspada Virus Cacar Monyet!

KENDARINEWS.COM– Virus cacar monyet (mongkey pox) kini tengah mewabah di sejumlah negara. Meski Indonesia tidak termasuk didalamnya negara endemis, pemerintah mewajibkan masyarakat tetap mewaspadai potensi penularannya.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kendari, Elffi mengatakan cacar monyet ini disebabkan virus zoonosis, yang bisa ditularkan dari hewan pengerat ke manusia. Seperti tikus, kelelawar dan monyet.

“Masyarakat wajib menjaga kebersihan diri dan lingkungan, tetap pakai masker kalau merasa sakit (kurang fit) dan rajin cuci tangan pakai sabun apalagi setelah memegang benda yang kemungkinan disentuh oleh hewan pengerat,” ungkap Elffi, kemarin.

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) kata dia, merupakan salah satu cara untuk mengantisipasi penularan virus ini. Sebagai bentuk pencegahan terhadap penularan mongkeypox, pihaknya kini tengah mensosialisasikan ciri-ciri dan gejala penyakit dari virus hewan pengerat itu kepada masyarakat.

Tujuannya agar masyarakat bisa mengetahui gejalanya dan langsung membawa diri ke layanan fasilitas kesehatan terdekat jika merasakan gejala dimaksud. “Sebenarnya gejalanya hampir mirip dengan cacar air, misalnya diantaranya muncul bintik-bintik merah yang disertai dengan pembengkakan pada kelenjar getah bening, sakit kepala, dan demam tinggi,” ungkap Elffi

Elffi menambahkan, kewaspadaan terhadap Virus Mongkeypox juga sudah diatur dalam Surat Edaran Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit. “Jadi meskipun kita berada di negara non endemis, kita harus tetap waspada agar tidak tertular virus tersebut dengan cara PHBS,” pungkasnya. (kn)

Tinggalkan Balasan