Amankan Arus Mudik Lebaran, Sekab Konawe Minta Personel Bersikap Humanis

KENDARINEWS.COM — Pengamanan arus mudik menjelang Idul Fitri 1443 Hijriah mulai disiapkan. Polri bakal menggelar Operasi Ketupat serentak se-Indonesia selama 12 hari, terhitung sejak 28 April-9 Mei 2022. Kepolisian resor (Polres) Konawe juga bersiap mendukung kelancaran arus mudik di wilayah hukum (wilkum)-nya dengan menyiapkan tiga pos pengamanan mudik. Yakni, di simpang tiga Sampara, tugu Adipura Unaaha, serta di kecamatan Onembute.

Kapolres Konawe AKBP Wasis Santoso SIK mengatakan tiga pos pengamanan mudik lebaran itu juga dapat difungsikan sebagai rest area bagi pemudik yang melintas di Konawe. Pemudik yang mengendarai motor ataupun mobil, dapat beristirahat sejenak di pos pengamanan tersebut sebelum melanjutkan perjalanannya.

“Untuk fokus pengamanan mudik ini, yakni seluruh masjid, tempat wisata, pusat perbelanjaan, terminal dan pelabuhan. Di titik-titik itu, kita siapkan anggota untuk pengamanan,” ujar mantan Komandan Batalyon (Danyon) B Resimen III Pasukan Pelopor Korbrimob Polri tersebut, Jumat (22/4), usai giat Operasi Ketupat Anoa di pelataran Mapolres Konawe.

Pelaksanaan apel gelar pasukan Operasi Ketupat Ano tersebut, dipimpin Sekretaris Kabupaten (Sekab) Konawe Ferdinand Sapan dan diikuti oleh jajaran forum koordinasi pimpinan daerah (Forkopimda) setempat. Selain pihak kepolisian, operasi tersebut juga melibatkan unsur TNI, Satpol-PP dan Pemadam Kebakaran (Damkar), Dinas Perhubungan (Dishub), serta instansi terkait lainnya.

Selaku Inspektur upacara (Irup), Sekab Ferdinand Sapan meminta personil yang diturunkan mengamankan arus mudik lebaran 1443 H, agar melayani masyarakat secara profesional dan humanis. Mantan Kepala BPKAD Konawe itu juga meminta pemudik selalu mengutamakan faktor keselamatan selama berkendara di jalan.

“Harus patuh juga protokol kesehatan (prokes) Covid-19. Memang lebaran tahun ini tidak ada pembatasan aktivitas masyarakat, tapi tetap kita semua harus antisipasi jangan sampai wabah ini kembali merebak,” harap Ferdinand Sapan. (adi).

Tinggalkan Balasan