Kursi Nahkoda KONI Konsel Diperebutkan

KENDARINEWS.COM — Jabatan Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) di Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) mulai diperebutkan. Tiga kandidat menyatakan siap memimpin oganisasi olahraga tersebut. Mereka adalah Ketua Kadin Konsel, Adi Jaya Putra, Wakil Bupati, Rasyid dan Sekretaris Kabupaten (Sekab), Sjarif Sajang.

Meski sudah menyatakan sikap, sejak jadwal pendaftaran Calon Ketum KONI Konsel dibuka pada Rabu 16 Maret 2022 lalu, baru Adi Jaya Putra yang melengkapi formulir pendaftaran. Hal tersebut diungkapkan Koordinator Pelaksanaan Musyawarah Olahraga Kabupaten Luar Biasa (Musorkablub) KONI Konsel, Elvis Basri Uno. “Yang bersangkutan diwakili Technical Delegate atas nama Ipul. Namun berkas itu belum semua terlengkapi, seperti surat keterangan sehat dari rumah sakit dan pas foto 4×6. Masih ada waktu, karena batas pendaftaran sampai Minggu 20 Maret 2022 mendatang,” ujarnya, kemarin.

Elvis Basri Uno

Elvis menambahkan, dua tokoh lain yang menyatakan sikap yakni Wakil Bupati Konsel, Rasyid dan Sekab, Sjarif Sajang telah berkoordinasi dengan panitia. “Kalau Pak Wakil belum ambil formulir tapi sudah meminta syarat-syaratnya dan kami telah serahkan ke technical delegate. Sama juga Pak Sekab. Beliau lebih menanyakan terkait Cabor di Konsel,” jelasnya. Ia berharap, musyawarah nantinya melahirkan pemimpin hebat yang dapat memajukan olahraga di Konawe Selatan. “Saya yakin ketiganya adalah orang yang luar biasa. Siapapun yang menahkodai KONI nantinya pasti berkomitmen mengangkat kejayaan olahraga daerah kita. Kami pastikan penjaringan ketua KONI berjalan sesuai prosedur yang berlaku,” terangnya.

Sementara itu Ketua Panitia Pelaksana (Panpel) Musorkab KONI Konsel, Yusran, mengatakan pelaksanaan Musyawarah Olahraga Kabupaten saat ini tengah dimatangkan. “Pelaksanaan musyawarahnya Insya Allah pekan depan tepatnya, Senin 21 Maret 2022 dan diikuti 32 Pengurus Cabang (Pengcab) olahraga yang telah terdaftar di KONI Konsel,” ujarnya. Diketahui, ketiga figur tersebut sama-sama mengantongi restu Bupati, H. Surunuddin Dangga. “Secara etika saya sudah bertemu pak bupati untuk meminta petunjuk, sebab beliau pimpinan tertinggi di Konsel dan beliau memberikan ruang itu. Namun secara pribadi saya lihat dulu mekanisme pemilihannya, kalau memungkinkan saya siap bertarung,” kata Wabup, Rasyid, kemarin.

Hal senada juga diungkapkan Sekab, Sjarif Sajang. Ia mengaku akan tetap kembali meminta restu bupati sebagai pimpinannya. Ia menegaskan, siap bertarung jika ada dorongan dari Pengcab-pengcab. “Ada mekanisme untuk mencalonkan ketua KONI. Kalau memungkinkan dan ada restu pimpinan, juga dibolehkan sesuai aturan, saya siap bertarung,” jelasnya. Sementara itu Adi Jaya Putra, juga mengaku telah mengantongi restu bupati. Ia menyebut dukungan dari Pengcab juga merupakan hal utama. “Tekad saya maju KONI Konsel untuk memperbaiki secara internal dulu. Kemudian bagaimana menstimulasi untuk memajukan olahraga yang ada di daerah,” katanya. (b/ndi)

Tinggalkan Balasan