Penumpang Kapal Wajib Perlihatkan Sertifikat Vaksin

KENDARINEWS.COM — Masyarakat yang hendak bepergian keluar daerah Wakatobi, diwajibkan mengantongi sertifikat suntik vaksinasi dosis satu dan dua. Itu juga sesuai instruksi Bupati Wakatobi nomor 1 tahun 2022 pada tanggal 14 Maret 2022 tentang percepatan pelaksanaan vaksinasi bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) serta masyarakat umum. Pihak Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (KUPP) Wanci, Kabupaten Wakatobi, turut mendukung instruksi tersebut dengan menggelar vaksinasi pada areal ruang tunggu Dermaga Pangulubelo.

Masyarakat yang hendak berangkat melalui Pelabuhan Pangulubelo diarahkan mengikuti suntik vaksin bagi yang belum mengantongi sertifikat dosis satu maupun dua. Kegiatan itu digagas pihak KUPP Wanci.

Kepala KUPP Wanci Wakatobi, Arman Saleh, menjelaskan, semua warga yang hendak keluar daerah melalui jalur laut harus memerlihatkan sertifikat vaksinasi. KUPP Wanci juga bekerja sama dengan Kepolisian dan Pemkab Wakatobi melakukan pemeriksaan di pintu keluar Pelabuhan Pangulubelo. “Bagi calon penumpang yang didapati belum mengantongi sertifikat vaksin, maka petugas pemeriksa akan mengarahkan untuk terlebih dahulu mengikuti suntik vaksin di pintu masuk terminal Pangulubelo,” ujarnya, kemarin.

Sementara itu, Seksi Kesahbandaraan, KUPP Wanci, Rahman mengatakan, program pemerintah itu harus disukseskan. Kegiatan perdana vaksinasi yang dilakukan KUPP Wanci berjalan lancar dan masyarakat cukup antusias. Kendati ada agenda penutupan Pelabuhan Pangulubelo karena akan ada revitalisasi pada tahun ini, untuk saat ini operasional kapal di pelabuhan nasional ini masih berjalan seperti biasa. Namun, pihaknya memastikan akan melakukan penutupan sementara dalam waktu dekat. Dengan catatan sudah ada solusi terkait armada yang beroperasi di dermaga baik kapal Pelni maupun lainnya. (b/thy)

Tinggalkan Balasan