oleh

Stok Blanko KTP di Wakatobi Kosong

KENDARINEWS.COM — Beberapa hari terakhir ini, blanko Kartu Tanda Penduduk (KTP) Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Wakatobi kosong. Meskipun begitu, masyarakat yang baru mau merekam tetap dilayani seperti biasa. KTP-nya akan diberikan jika permintaan blanko sudah tersedia.

Berdasarkan pantauan Kendari Pos di Kantor Dukcapil Wakatobi, saat ini pelayanan dokumen penting lainnya masih berjalan normal. Seperti Kartu Keluarga (KK), Akta Kelahiran, Akta Kematian hingga Surat Pindah Domisili. Pelayanan tetap dibuka seperti bisanya, hanya memang untuk KTP belum bisa diberikan kepada warga yang merekam ataupun mengurus karena rusak dan hilang.

Ilustrasi

Semua informasi itu disampaikan Kepala Bidang (Kabid) Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan, Disdukcapil Wakatobi, Condo. Dia mengatakan, saat ini blanko KTP habis. Sehingga belum bisa mencetak KTP. Sementara seperti yang diketahui, dokumen lainnya sudah bisa dicetak sendiri oleh masyarakat menggunakan Kerta A4.

“Baik baru merekam maupun yang rusak dan hilang, kami belum bisa cetak atau ganti dengan KTP baru. Karena saat ini, stok masih kosong. Kita menunggu saja sampai stoknya ada,” ujarnya, kemarin. Sebelumnya, pihaknya telah mengimbau agar masyarakat tidak merusak KTP yang tercetak elektronik.

“Sekarang KTP sudah tidak ada batas waktu atau seumur hidup. Tapi, kalau misalnya sudah terlanjur cetak dengan batas waktu tetap akan berlaku. Karena KTP tersebut sudah elektronik. Kami masih temukan warga, bahkan sengaja mematahkan KTP nya agar diganti dengan yang baru (KTP seumur hidup). Kami harapkan hal itu tidak terjadi lagi. Karena kalau sudah elektronik, tetap berlaku,” pungkasnya. (b/thy)

Komentar

Tinggalkan Balasan