oleh

Atasi Kekumuhan, Wali Kota Gagas Program Kotaku Mandiri

KENDARINEWS.COM — Komitmen Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir mengatasi kawasan kumuh tak perlu diragukan. Dalam beberapa tahun terakhir, luas kekumuhan di Kota Kendari terus berkurang. Untuk lebih memasifkan penataan wilayah kumuh, Pemkot berinisiatif mengadopsi program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku).

Menurutnya, program ini tak hanya mengatasi masalah kekumuhan di Kendari. Namun juga bagian dari upaya Pemkot dalam memberdayakan masyarakat sekitar terlebih di masa pandemi Covid-19. Tahun ini, pemerintah mengalokasikan anggaran Rp 40 juta setiap kelurahan.

“Kami harap masyarakat dapat merasakan kehadiran pemerintah dimasa pandemi ini. Bahwa mereka tidak sedang sendiri. Kami selalu ada. Mudah-mudahan program ini bisa membantu masyarakat, mengurangi beban mereka, sekaligus membuat wilayah mereka bersih dan tidak kumuh,” kata Sulkarnain Kadir.

Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir meletakan batu pertama program Kotaku di kelurahan Mata. (DOKUMENTASI KENDARINEWS)

Mekanisme program ini sama dengan Kotaku skala lingkungan kolaborasi Pemkot dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR). Yang mana, pengerjaannya menggunakan tenaga kerja masyarakat sekitar atau sistem padat karya. Hanya saja, pembiayaannya yang berbeda. Jika program Kotaku mandiri, dananya murni APBD Kendari. (ags)

Komentar

Tinggalkan Balasan