RSUD Bombana Tutup Layanan Poliklinik dan Rawat Inap

KENDARINEWS.COM — Pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Bombana dibuka kembali 24 Februari setelah sempat ditutup sejak, Senin 21 Februari. Hanya saja, pelayanan poliklinik dan rawat inap belum beroperasi lantaran mayoritas petugas kesehatan masih melakukan isolasi mandiri akibat terpapar pandemi Covid-19.

Direktur RSUD Bombana, Dr. Riswanto melalui surat edaranya mengatakan, setelah dilakukan evaluasi tenaga kesehatan yang masih dapat optimal dalam melaksanakan tugasnya maka p Kamis, 24 Februari 2022 pelayanan RSUD Bombana kembali dibuka atau diaktifkan.

dr. Riswanto

“Namun, pengaktifan layanan ini tidak secara penuh kita buka. Sebab, khusus untuk pelayanan Poliklinik dan rawat inap masih sementara kita tutup dikarenakan sebagian tenaga kesehatan masih melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing. Kecuali perawatan pasien Covid-19 masih kita lakukan pelayanan,” terangnya.

Diakuinya, langkah penutupan sementara RSUD dilakukan setelah 72 tenaga medis terkonfirmasi positif Covid-19. Dari total tersebut, sebagian besar yang terkonfirmasi merupakan perawat dan dokter spesialis.

“Sekitar 70 persen Nakes kita terkonfirmasi positif. Untuk itu, kita ambil tindakkan menutup sementara pelayanan, sebab kita tidak bisa memaksakan pemberian pelayanan dari sisa tenaga kesehatan yang tersedia,” imbuhnya.

Lanjut Dr. Riswanto, sejak dilakukan penutupan, pasien yang datang di RSUD untuk mendapatkan pelayanan yang sifatnya emergency dialihkan langsung ke Puskesmas Rumbia. Sedangkan pasien yang sifatnya rawat jalan dilakukan penundaan terlebih dahulu.

“Kamis 24 kita sudah buka tapi memang tidak secara full, mengingat kurangnya tenaga medis yang kita miliki saat ini. Semoga masyarakat bisa mengerti terkait dengan langkah-langkah yang saat ini diambil oleh RSUD,” pungkasnya. (idh/b)

Tinggalkan Balasan