Pemkab Konsel Benahi Tiga Destinasi Unggulan


KENDARINEWS.COM — Tercatat, dalam rencana induk pembangunan pariwisata Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), ada 102 destinasi yang berada di 336 desa. Mulai dari wisata alam, budaya, sejarah dan agrowisata. Dari data tersebut, Pemkab Konsel dibawah kendali Bupati, H. Surunuddin Dangga melalui Dinas Pariwisata, fokus membenahinya. Saat ini tiga kawasan wisata unggulan yang dimiliki, yakni Desa Wisata Namu, Air Terjun Moramo dan Air Panas Kaindi, diprioritaskan.

Kadis Pariwisata Konsel, Adywarsyah Toar, mengatakan wisata Desa Namu di Kecamatan Laonti, menawarkan wisata terpadu. Ada agrowisata, bahari, budaya dan pemandangan alam menakjubkan. Kilauan air laut yang jernih, pemandangan pasir putih, dan pohon kelapa, menambah eksotisnya wisata pantai ini. Lokasinya yang cukup terpencil membuat desa tersebut masih asri dan jauh dari polusi.

Adywarsyah Toar

“Sekarang untuk wisata Desa Namu, sesuai petunjuk bupati, kami sedang mendorong peningkatan insfrastruktur jalan yang akan ditembus dari Kolono Timur sampai di Namu. Sementara masih dikerjakan. Insya Allah tahun depan mobil sudah bisa lalu lalang,” ungkapnya, kemarin. Kemudian air terjun Moramo yang merupakan destinasi wisata unggulan dan merupakan salah satu dari tujuh air terjun terbaik di Indonesia. “Ini juga akan terus ditingkatkan sarana dan prasarananya. Bicara potensi, air terjun ini memiliki tempat tersendiri di hati masyarakat,” ujarnya.

Selanjutnya wisata Air Panas Kaindi yang terletak di Kecamatan Lainea. Air panas ini sering dikunjungi pelancong. Tak hanya masyarakat sekitar, wisatawan dari luar daerah juga sering berdatangan. “Bahkan wisatawan dari Kendari. Selain berwisata, ada juga yang tujuannya berobat. Karena air panas ini dipercaya mampu jadi sarana terapi. Ini juga akan dikembangkan,” pungkas Adywarsyah Toar. (c/ndi)

Tinggalkan Balasan