Akses Masuk TPAS Kaledupa Masih Rusak


KENDARINEWS.COM — Semua pulau di Wakatobi, telah memiliki tempat pembuangan akhir sampah (TPAS). Namun sayangnya, di Pulau Kaledupa masih terkendala dengan akses jalan yang sulit di jangkau. Jalan menuju lokasi TPAS tersebut sulit dilintasi kendaraan roda dua maupun empat. Kondisi itu menjadi perhatian pihak Dinas Lingkungan Hidup (DLH). Tahun 2021 lalu, memang sudah direncanakan akan ada pembukaan hingga pembangunan jalan masuk menuju TPAS oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Wakatobi. Sayangnya, rencana ini terhambat, karena material timbunan (galian C) telah dilarang, karena masih ilegal. Dengan demikian, akses masuk menuju TPA yang terletak di Desa Balasuna Selatan tersebut masih menjadi pekerjaan yang belum dituntaskan pihak DLH.

Jaemuna

Kepala DLH Wakatobi, Jaemuna, mengakui, lokasi TPAS tersebut nilai strategis karena berada tepat di perbatasan Kecamatan Kaledupa dan Kaledupa Selatan. Selain masih alamiah, belum ada rencana untuk pembangunan rumah kompos karena masih terkendala anggaran. “Sekitar Mei tahun lalu kita monitoring karena rencananya akan ada kegiatan dari Dinas PUPR Wakatobi, sayang terkendala material galian C, sehingga belum dibangun jalan menuju TPA. Sampai sekarang kami belum cek, tapi nanti akan kita pantau lagi,” ujarnya, Jumat (18/2).

Meskipun begitu, rencananya tahun ini akan ada pengadaan sarana pengangkutan sampah seperti amrol truk dan juga kontainer sampah dan akan ditempatkan di Kaledupa, Tomia hingga Binongko. “Memang ada juga di Wangi-Wangi tapi kebanyakan pengadaan alat-alat ini untuk tiga pulau tersebut,” jelas Jaemuna. Ia berharap persoalan akses masuk menuju TPAS di Kaledupa bisa segera ditangani. Pihaknya akan melakukan koordinasi kembali dengan Dinas PUPR agar rencana sebelumnya bisa diupayakan terealisasi tahun ini. Apalagi TPAS dinilai sangat penting untuk semua pulau. (c/thy)

Tinggalkan Balasan